Kediri

Sukseskan Pilkada 2024, KPU Kota Kediri Gelar Kirab Maskot Pilkada

Diterbitkan

-

MASKOT: Pelaksanaan kirab Maskot Pilkada Jatim dan Pilkada Kota Kediri. (ist)

Memontum Kota Kediri – Kirab Maskot Pilkada serentak 2024, telah tiba di Kota Kediri, Sabtu (21/09/2024) tadi. Adalah Maskot ‘Si Jali’ yaitu maskot yang berkarakter burung datang dari Kabupaten Nganjuk. Sementara serah terima Kirab Maskot sendiri, dilakukan di Taman Sekartaji Kota Kediri.

Sementara ‘Si Tatak’ adalah Maskot untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri tahun 2024. “Kirab ini adalah agenda dari KPU Jatim. Harapannya, melalui sosialisasi ini masyarakat menjadi paham mengenai tahapan Pilkada. Termasuk, turut serta dalam mensukseskan pelaksanaan proses demokrasi dalam Pilkada nanti,” kata Ketua KPU Kota Kediri, Reza Cristian.

Reza menambahkan, babwa kirab ini merupakan bagian dari upaya KPU untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak, pada 27 November 2024. “Maskot dari Pilgub Jatim ada Si Jali dengan tagline seneng bareng. Sedangkan KPU Kota Kediri, kita hadirkan maskot Pilkada Si Tatak dengan tagline tansah bungah,” ujar Reza.

Kirab dua maskot tersebut, lanjutnya, menyasar titik-titik strategis yang menjadi pusat keramaian masyarakat. Termasuk, lokasi strategis lainnya di Kota Kediri.

Advertisement

Baca juga :

“Bahkan, ada waktu tiga hari di Kota Kediri dan nanti tanggal 24, akan kita serahkan ke Kabupaten Kediri,” tambahnya.

Reza menambahkan, bahwa mengenai target partisipasi masyarakat di Pilkada Kota Kediri, yakni sebesar 80 persen.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Eka Wisnu Wardhana, menyampaikan bahwa kirab ini bukan hanya sekadar simbol Pilkada. Tetapi juga menjadi sarana untuk memadukan beragam budaya dari berbagai kabupaten dan kota di Jatim.

“Kirab budaya ini adalah upaya untuk memadukan integrasi budaya antar daerah,” katanya.

Advertisement

Dirinya menambahkan, kirab maskot Pilkada di Kota Kediri merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang sebelumnya juga dilaksanakan di daerah lain dengan mengkirab Maskot Si Jali. “Setelah dari Kota Kediri, kirab ini akan dilanjutkan ke daerah lain hingga berakhir pada 12 Oktober 2024,” paparnya. (pan/sit/adv)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas