Kabar Desa

Bantu Peningkatan Usaha Mikro, Satgas TMMD Kodim Kediri Gelar Penyuluhan Bagi UMKM

Diterbitkan

-

TMMD: Pelaksanaan penyuluhan oleh Satgas TMMD Kodim Kediri kepada pelaku UMKM. (ist)

Memontum Kediri – Satuan Tugas (Satgas) TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-122 tahun 2024 Kodim 0809/Kediri, bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM (DKUKM) Provinsi Jawa Timur, menggelar penyuluhan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang dilaksanakan di Aula Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Selasa (15/10/2024) tadi. Kegiatan penyuluhan itu, diikuti 50 para pelaku UMKM di wilayah Desa Pagung, Kecamatan Semen, dengan tujuan untuk meningkatkan skala usaha masyarakat.

Dansatgas TMMD Ke-122 Kodim 0809/Kediri melalui Danki Satgas TMMD Lettu Inf Kartono, menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai strategi dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan usaha pelaku UMKM, khususnya di Desa Pagung. Pihaknya berharap, para pelaku UMKM dapat meningkatkan kapasitas dan skala usaha. Sehingga, ke depan mampu bersaing di pasar serta dapat berkontribusi terhadap perekonomian daerah.

“Penyuluhan ini diberikan untuk menambah kapasitas kepada pelaku UMKM, agar dapat meningkatkan usaha yang kemudian akhirnya berdampak pada pemasaran produknya meningkat,” ungkapnya.

Baca juga :

Advertisement

Sementara itu, Kepala DKUKM Provinsi Jawa timur, yang diwakili Kabid Kelembagaan dan Pengawasan, Nanang Abu Hamid, menerangkan bahwa melalui penyuluhan ini diharapkan pelaku UMKM berkesempatan mendapatkan informasi terkini terkait dengan program pemerintah yang dapat membantu pelaku usaha UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. “Dalam penyuluhan ini kami berikan cara pengelolaan keuangan, akses permodalan, strategi pemasaran hingga pemanfaatan teknologi dalam berusaha,” ujarnya

Terkait dengan pelaksanaan, nantinya diharapkan dapat dikembangkan kepada pelaku usaha lainnya. Sehingga, penyebaran informasi dapat membantu pelaku usaha lain.

“Kami berharap, informasi ini dapat disebarluaskan kepada pelaku usaha lain yang tidak dapat berhadir pada kegiatan ini. Sehingga, program yang sudah dilakukan oleh Kodim 0809/Kediri, bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya. (pan/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas