Jombang

Peringati Hari Jadi, Pemkab Gelar Jombang Culture Carnival yang Diikuti 40 Peserta

Diterbitkan

-

ELEGAN: Salah satu penampilan peserta di Jombang Culture Carnival. (memontum.com/azl)

Memontum Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), menggelar Jombang Culture Carnival (JCC) dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-114 Kabupaten Jombang, Sabtu (19/10/2024) tadi.

Pelaksanaan itu, dihadiri Pj Bupati Jombang,Teguh Narutomo, Sekretaris Daerah (Sekda), Agus Purnomo, Forkompimda, anggota DPRD Jombang dan diikuti sebanyak 40 peserta dengan berbusana berbagai tema khas Kabupaten Jombang. Sedangkan mengawali pelaksanaan, Plh Kepala Disdikbud Jombang, Wor Windari, memberangkatkan dari Simpang Empat Stadion Merdeka Jombang dan akan finish di Simpang Empat Sengon Jombang.

Pj Bupati Jombang, Teguh Narutomo,, menyampaikan bahwa JCC 2024 merupakan salah satu wujud apresiasi kesenian dan kebudayaan (budaya Jombangan dan budaya santri) sekaligus upaya mewadai inovasi dan kreativitas masyarakat dalam mengaktualisasikan beragam keunggulan yang terdapat di Kabupaten Jombang. “Event JCC menampilkan produksi, budaya serta kultur yang dikemas oleh seluruh penampilan dari 21 kecamatan dan beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Jombang,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan, melalui JCC ini akan memberikan ruang masyarakat guna mengaktualisasikan ragam ekspresi seni dalam bentuk ragam struktur tampilan yang dinamis dan atraktif. Selain itu, mendorong upaya untuk mengekspor keberadaan khasanah potensi di Jombang yang sangat luar biasa dan sangat bernilai Adiluhung.

Advertisement

Baca juga :

“Saya berharap, JCC setiap tahunnya dapat digelar dengan meriah dan lebih baik lagi. Sehingga, bukan hanya sekedar festival rakyat, tetapi juga bagaimana kita mengeksplor dan meningkatkan perekonomian Kabupaten Jombang,” tambahnya.

Menurutnya, JCC ini selaras dengan visi Kabupaten Jombang yakni menjadikan Jombang berkarakter dan berdaya saing. “Karnaval inilah yang akan menjadi wujud karakter dan kemampuan berdaya saing yang diimplementasikan generasi muda untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan nantinya. Sekaligus menjadi daya tarik dan nilai tawar kepada berbagai pihak, termasuk investor dan asosiasi pengusaha dalam menonjolkan potensi Kabupaten Jombang,” jelasnya.

Senada, Plh Kepala Disdikbud Wor Windari, menambahkan bahwa karnaval ini merupakan bentuk nyata dukungan Pemkab Jombang terhadap warisan budaya Kabupaten Jombang. “Melalui acara ini, kita dapat menyaksikan berbagai pertunjukan yang dikemas dengan kreativitas dan inovasi budaya Jombangan dan budaya santri,” ujarnya.

Menurut Windari, JCC sebagai salah satu wujud upaya Pemerintah Kabupaten Jombang dalam menyediakan wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan potensi dan unggulannya. “Melalui kegiatan ini, kita terus didorong untuk meningkatkan dan memperkenalkan tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasional,” ungkapnya.

Advertisement

Windari menegaskan, Pemerintah Kabupaten Jombang telah dan akan terus berkontribusi secara signifikan dalam berbagai bidang. Baik itu di bidang pembangunan infrastruktur maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Dan karnaval inilah yang menjadi salah satu bentuk syukur atas pencapaian yang diraih Pemerintah Kabupaten Jombang,” tambahnya. (azl/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas