Situbondo

Sungai Bajul Mati Meluber, Puluhan Rumah Penduduk Terendam Banjir

Diterbitkan

-

Sungai Bajul Mati Meluber, Puluhan Rumah Penduduk Terendam Banjir

Memontum Situbondo —- Akibat dari meluapnya debit air sungai Bajul Mati, puluhan rumah di Dusun Jelun RT.019 RW.003 dan Dusun Pandean RT.020 RW. 004, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo terendam banjir, Kamis (08/02/2018) sekitar pukul 15.35 WIB.

Keterangan yang dihimpun Memontum.com. Banjir yang merendam rumah warga itu setinggi kurang lebih 1 meter. Tidak hanya merendam rumah warga saja, tapi juga merendam lahan pertanian (sawah) dan ladang milik warga.

Beruntung dalam peristiwa banjir luapan Sungai Bajul Mati tersebut tidak menimbulkan korban jiwa . Namun dampak kerusakan akibat banjir tersebut diperkirakan kerugiannya puluhan juta rupiah.

“data sementara ada 60 rumah penduduk yang tergenang banjir dan puluhan hektar sawah serta ladang,” terang Kepala Desa Wonorejo Sumarto Adi.

Advertisement

Dampak dari banjir tersebut, kata Kades Wonorejo, di Dusun Jelun RT.019 RW.003 sebanyak 25 Kepala Keluarga (KK) 85 jiwa dan di Dusun Pandean RT.020 RW.004 sebanyak kurang lebih 35 Kepala Keluarga 90 jiwa yang kena tampak banjir tersebut.

“Selain banjir merendam rumah-rumah penduduk, banjir juga menerjang lahan Persawahan, lahan jagung, lahan cabai dan lahan bawang,” jelasnya.

Bencana susulan diperkirakan akan terjadi lagi karena cuaca masih mendung. Saat ini, sejumlah warga mengungsi di SDN 3 Wonorejo.

“Kondisi saat ini rumah-rumah penduduk belum bisa ditempati,” pungkasnya. (im/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas