Blitar

Bupati Blitar dan Menteri Perindustrian Resmikan Peternakan Sapi Kedua PT Greenfields

Diterbitkan

-

Bupati Blitar, Rijanto besama Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto meresmikan Peternakan sapi perah PT. Greenfield kedua di Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar

Memontum Blitar—   Bupati Blitar Rijanto menghadiri peresmian PT Greenfields Indonesia peternakan sapi perah di Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar Selasa (6/3/2018). Selain Bupati Blitar, peresmian ini juga dihadiri langsung Menteri Perindustrian, Presiden Komisaris Japfa Comfeed, dan CEO AustAsia Dairy Group. Peternakan sapi perah kedua ini dapat menampung lebih dari 10.000 sapi perah.

Peresmian peternakan sapi perah kedua ini dilakukan langsung oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dan ditandai dengan pemukulan gong serta penandatanganan batu prasasti.

Bupati Blitar, Rijanto dalam sambutannya mengatakan, penduduk di Kabupaten Blitar berjumlah lebih dari 1.200.000 jiwa. Dari jumlah tersebut sebagian besar bergerak dibidang pertanian dan peternakan. Menurut Bupati hal tersebut terlihat, Kabupaten Blitar saat ini bisa menghasilkan sekitar 450 ton telur ayam per hari. Selain itu, 12 kecamatan dari 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar saat ini, sudah membudidayakan Ikan Koi. Demikian halnya sapi perah, dimana per hari bisa memproduksi 120 ton susu.

“Ini luar biasa, saya ingat pada 3 Mei 2017 lalu PT Greenfields masih melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan ini. Tapi, sekarang sudah bisa meresmikan. Ini tentunya target di 2019 untuk menampung 10.000 sapi perah akan segera terwujud”, kata Rijanto, Selasa (6/3/2018).

Advertisement


Rijanto berharap, dengan pembangunan secepat ini, ke depan masyarakat bisa mempunyai pekerjaan. Meskipun hanya menanam rumput ataupun jagung, dengan harapan hasil panennya bisa masuk untuk pakan sapi perah.

“Kita tentu mendukung dengan adanya produsen susu segar ini. Sehingga sesuai konsep, daerah Sirah Kincong dibangun wisata dan akses jalan masuk kita lebarkan dari awalnya 3 meter mejadi 8 meter”, jelas Bupati Blitar.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menyebut, selain investor PT Greenfields ini, selama 2 tahun terakhir ini di Kabupaten Blitar sudah masuk 2 investor lain, yakni PT Nusantara Segar Abadi (NSA) yang mengelola pisang cavendish, dan PT Rejoso Manis Indo (RMI) yang mengelola pabrik gula di Rejoso Binangun.

“Harapannya, ke depan semakin banyak investor yang masuk ke Kabupaten Blitar”, pungkas Bupati Blitar.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya mengapresiasi PT. Greenfields yang telah berinvestasi membangun peternakan sapi modern. Sehingga berperan dalam memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia melalui berbagai macam produk susu olahan yang dihasilkan. Selain itu menurut Airlangga, dengan berdirinya perternakan sapi perah modern ini, diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan penyerapan tenaga kerja. Sehingga pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Blitar.

Advertisement

“Kita tahu kondisi peternakan sapi perah kita masih cukup memprihatinkan. Saat ini populasi sapi laktasi hanya sekitar 267 ribu ekor dari 533 ekor sapi perah dengan produktivitas yang relatif rendah. Untuk itu, kami berharap PT Greenfiels Indonesia secara aktif berinteraksi dan bermitra dengan para peternak, praktisi, pegiat gizi, pengambil kebijakan, dan pihak terkait lainnya untuk menyebarkan edukasi dalam rangka membantu mewujudkan generasi Indonesia yang sehat,” tandas Airlangga. (fzi/hms/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas