Kota Malang

Balon Rektor UB Yakinkan Senat untuk Maju Tahap Pemilihan

Diterbitkan

-

Balon Rektor UB Yakinkan Senat untuk Maju Tahap Pemilihan

Memontum Kota Malang — Menjelang Rapat Senat Tertutup Universitas Brawijaya (UB), Kamis (9/3/2018), keempat Bakal Calon (Balon) Rektor UB diantaranya Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. (Rektor UB Incumbent), Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR. MS. (Dekan Fakultas Pertanian UB), Dr. Ir. Osfar Sjofjan, MSc (Wakil Dekan III Fakultas Peternakan UB), dan Dr. Tjahyo Suprajogo, MSi (Kementrian Dalam Negeri), diberikan kesempatan untuk memaparkan visi, misi, dan program kerja dalam Dialog Terbuka kepada civitas akademik Universitas Brawijaya (UB), Senin (5/3/2018). Dilanjutkan Rapat Pleno Terbuka Senat UB, di Gedung Widyaloka UB, Malang, Rabu (7/3/2018).

Pemilihan Rektor (Pilrek) UB mengacu kepada Peraturan Menteri Ristekdikti No. 19 tahun 2017 dan Peraturan Senat UB. No 1 tahun 2017, dengan agenda kegiatan Pemilihan Rektor yang berlangsung dalam 3 tahapan, yaitu 1) Tahap Penjaringan, 2) Tahap Penyaringan, dan 3) Tahap Pemilihan.

Dalam Rapat Pleno Terbuka Senat UB tersebut, visi, misi, dan program kerja yang disampaikan Bakal Calon Rektor UB, hampir sama dengan pemaparan yang disampaikan saat Dialog Terbuka kepada civitas akademik Universitas Brawijaya. Bahkan lebih mendapatkan respon positif dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UB dengan menantang para Bakal Calon Rektor UB untuk menandatangani MoU atas 6 poin yang diajukan.

Humas Pilrek UB, Ahmad Imron Rozuli, MSi, menjelaskan jika dalam Dialog Terbuka, para Balon Rektor menyampaikan visi, misi, dan program kerja kepada mahasiswa, dosen, dan Karyawan agar diketahui civitas akademik UB. Sedangkan Rapat Pleno Terbuka Senat UB, diperuntukkan bagi anggota Senat UB, Stakeholder, dan Forkopimda. Sehingga apa yang disampaikan Balon Rektor dapat diketahui internal dan eksternal UB.

Advertisement

Usai Dialog Terbuka, dan dilanjutkan Rapat Pleno Terbuka Senat UB, nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan 174 anggota Senat UB dalam Rapat Tertutup Senat UB, untuk menentukan siapa yang lolos Tahap Penyaringan, dan akan maju menuju Tahap Pemilihan. Dengan menyaring 3 Calon Rektor dari 4 Bakal Calon Rektor. “Pada Tahap Pemilihan nanti, 3 Calon Rektor akan dipilih oleh anggota Senat UB dan pihak Kemenristekdikti. Dari 174 anggota Senat atau yang hadir, memiliki hak suara 65 persen. Sedangkan sisanya 35 persen suara dari Kemenristekdikti,” jelas Imron, kepada Memo X (Grup Memontum.com).

Ketua Senat UB, Prof Dr Ir Arifin MS, menyampaikan pesan bahwa keempat bakal calon rektor merupakan orang-orang pilihan, diharapkan dapat menjadikan UB lebih baik ke depannya. “Siapapun yang lolos dan kemudian terpilih menjadi Rektor UB periode 2018-2020, jadikan semangat beribadah dalam memimpin UB. Saya harapkan nantinya, tidak ada perpecahan antara calon yang jadi atau tidak. Namun bersatu dan saling mendukung untuk menjadikan UB berkembang lebih baik,” pesan Arifin. (rhd/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas