Blitar

Pemkab Blitar Berencana Bangun 7 Halte Bus

Diterbitkan

-

Salah satu halte bus di wilayah Kabupaten Blitar yang dibangun Dishub Kabupaten Blitar.

Memontum Blitar— Sebagai upaya menekan minimnya jumlah tempat pemberhentian bus atau halte bus, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) pada 2018 ini, berencana membangun tujuh halte bus.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Toha Mashuri mengatakan, tujuh halte bus yang bakal dibangun tahun ini, nantinya akan disebar mulai dari Kecamatan Srengat hingga Kecamatan Selorejo.

“Halte bus ini, akan kita bangun pada jalur-jalur yang dilalui bus”, kata Toha Mashuri, Minggu (11/03/2018).

Lebih lanjut Toha menyampaikan, untuk anggaran pembangunan halte bus tersebut, bersumber dari dua alokasi. Yaitu dari Dishub dan dari bantuan perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Dengan rincian, untuk dua halte bus, pembangunannya menggunakan anggaran APBD melalui Dishub dan lima halte bus pembangunannya dari CSR beberapa perusahaan.

Advertisement

“Karena minimnya anggaran, kami hanya membangun dua halte, sisanya bantuan dari CSR”, tandas Toha Mashuri.

Toha menambahkan, setiap tahun pembangunan halte bus terus dilakukan. Mengingat saat ini jumlah halte bus masih minim. Kendati demikian, pihaknya mengaku belum mengetahui jumlahnya secara rinci. Sebab, pihaknya belum melakukan pendataan ulang terkait jumlah halte, baik yang sudah lama maupun yang baru.

“Rencananya, kami akan mendata ulang, untuk mengetahui jumlah halte yang masih layak dan sudah rusak. Ini untuk mengetahui jumlah kebutuhan halte”, jelas Toha.

Menurut Toha, keberadaan halte bus sangat dibutuhkan, mengingat selama ini masih ada beberapa titik lokasi pemberhentian bus yang belum memiliki halte. Seperti di persimpangan jalan, mulai dari Kecamatan Garum hingga Kecamatan Talun, rata-rata belum memiliki halte. (jar/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas