Kota Malang

FIB UB Borong Juara dalam WINTEX 2018

Diterbitkan

-

Muhammad Dhimas A.S. dan Nilam Izzatul Atqa Z, menunjukkan penghargaan dan medalinya. (ist)

Memontum Kota Malang—World Invention and Technology Expo (WINTEX) 2018 merupakan kegiatan yang bertujuan mengapresiasi kiprah penemuan dan teknologi dalam ekonomi dan pembangunan. Selain itu, juga menjadi ajang promosi dan komersialisasi penemuan dan teknologi, menampilkan potensi penemu, membangun kemitraan antara penemu dan investor, serta mendorong warga Indonesia untuk menciptakan penemuan.

WINTEX 2018 diselenggarakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Assocition (INNOPA), dimana pada tahun ini bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Selain itu, didukung pula oleh International Federation of Inventors Association (IFIA) dan World Invention and Intellectual Property Association (WIIPA). Peserta WINTEX 2018 terdiri dari penemu perorangan dan peneliti, perusahaan dan institusi, dan organisasi lainnya terkait penemuan.

Dalam kesempatan tersebut, dua mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UB menorehkan prestasi dengan memborong tiga kejuaraan sekaligus dalam WINTEX 2018 di ITB Bandung, pada 12-13 Maret 2018. Para jawara tersebut, yaitu Nilam Izzatul Atqa Z, mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris (2016), berhasil meraih medali emas dengan penemuannya bertajuk KALIMA JHC (Javanese Herbal Coffee). Selain itu, Nilam juga membawa medali perak dengan mengusung tema AT-B (Aero Techno Boat). “Alhamdulillah, saya tidak menyangka 2 karya saya bisa mendapatkan 2 medali, yaitu emas dan perak,” ungkap Nilam.

Sementara Muhammad Dhimas AS., mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris (2017) membawa pulang medali perunggu dengan penemuan GEN-POMENT (Green ENvironment POlutry ModErN Transportation).

Advertisement

Kompetisi terdiri dari tiga kategori, yaitu Pertanian, Bahan Kimia, dan Desain Industri, dengan kriteria penilaian, meliputi inovasi, komersialisasi, kinerja produk, kinerja penemu, desain dan paten. Dimana kedua mahasiswa FIB UB berhasil lolos semua kriteria penilaian tersebut, sehingga berhasil memborong penghargaan. Prestasi tersebut menunjukkan, meski berbasis keilmuan budaya bahasa Inggris, namun mahasiswa FIB UB memiliki kreatifitas dalam berkontribusi untuk Universitas Brawijaya dan Indonesia.

Sebenarnya WINTEX 2018 berlangsung mulai 11 Maret 2018 dimulai persiapan instalasi stan pameran, dan dilanjutkan 12 Maret 2018 dengan upacara pembukaan, pameran dan penjurian, serta pertemuan dengan investor. Keesokan harinya, acara pameran masih berlanjut dengan forum inovasi, pemberian penghargaan, kunjungan perusahaan, tour keliling kota dan makan malam. Peserta yang masih ingin menikmati kota Bandung, diberi kesempatan untuk menikmati wisata di kota Bandung, pada 14 Maret 2018. (rhd/nay)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas