Mojokerto

Pabung Kodim 0815 Bekali Materi Ke-Bhinnekaan Pada Pembinaan Jaring Teritorial

Diterbitkan

-

Pabung Kodim 0815 Bekali Materi Ke-Bhinnekaan Pada Pembinaan Jaring Teritorial

Memontum Mojokerto — Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0815 Mojokerto, Mayor Arm Imam Duhri, menjadi pemateri pada kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Semester I TA. 2018, yang berlangsung di Ruang Pertemuan Kodim 0815, Kota Mojokerto, Kamis (19/4/2018). Dalam materi berjudul Ke-Bhinneka-an Nasional, Pabung memaparkan tentang sejarah Indonesia yang dimulai dari Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.

Masih Papar Pabung, semangat Ke-Bhineka Tunggal Ika-an, di era perjuangan dimunculkan pada Sumpah Pemuda sebagai tonggak sejarah perjuangan nasional, di mana para pemuda dari berbagai suku bangsa dari nusantara bertekad untuk mempersatukan diri dalam bentuk pengakuan akan tumpah darah/tanah air, bangsa dan bahasa yang satu yakni “INDONESIA” yang dikenal dengan “Sumpah Pemuda”.

Dijelaskan pabung, setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, Negara kita memiliki Konstitusi Negara yang dikenal dengan UUD 1945, Dasar Negara Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia (way of life).

“Dalam perjalanan sejarah kita mengenal Wawasan Nusantara yaitu cara pandang dan sikap Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan geografinya yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” beber Pabung.

Advertisement

“Wawasan Nusantara ini, dalam pelaksanaannya mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai ke-bhinneka-an untuk mencapai tujuan nasional,” jelasnya.

Menurutnya, berkaitan dengan Ke-Bhinneka-an Nasional, yang terdiri dari mata pencaharian, ras, suku bangsa, budaya, agama, dan lain-lain, di samping sebagai sumber kekayaan nasional juga merupakan potensi ancaman.

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas