Kabupaten Malang

Tari Bapang, Ekstrakurikuler SDN 4 Gedangan, Bentuk Pelestarian Budaya Daerah

Diterbitkan

-

Tari Bapang: Semangat Sekelompok Siswa SDN 4 Gedangan Dalam Atraksi TariBapang di Pantai Ngantep beberapa Waktu Lalu

Memontum Malang– Guna menamkan dan memupuk jiwa kebudayaan terhadap siswa,SDN 4 Gedangan Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang memanfaatkan ekstrakulernya dengan latihan seni tari.Salah satunya tari Bapang,sebuah tari pememecah rekor Musium Rekor (Muri) dunia dalam acara HUT Kabupaten Malang ke-1257 beberapa bulan lalu.

Sudarman SPd Kepala SDN 4 Gedangan(Sur)

Sudarman SPd Kepala SDN 4 Gedangan(Sur)

Selain tari Bapang,ada juga Gebyar Saloko,Kotrek dan tari Kecebong. Sudarman Spd,Kepala SDN 4 Gedangan menjelaskan,latihan seni tari tersebut dilaksanakan setiap hari Rabu,dengan menyisihkan waktu selama satu jam,mulai pukul 06.30 hingga 07.30 WIB.Selain untuk memperkenalkan seni tari sejak dini untuk kalangan anak juga sebagai bentuk pelestarian seni budaya daerah.

Tambah KS yang masuk masa purna tugas ini,untuk ekstra lain di SDN yang terletak di Dusun Gunungsari Gedangan ini juga ada Pramuka dan olahraga. Satu hal yang patut dibanggkan di SDN yang berdiri diatas lahan seluas 2400 meter ini, bulan Maret 2017 lalu,siswa kelas III masuk peringkat tiga untuk lomba mata pelajaran matematika tingkat kecamatan Gedangan.Berlanjut lomba mata pelajaran IPA, ia masuk peringkat 8.Juga masuk juara III lomba non akademik mewakili tingkat Kabupaten Malang tahun kemaren.

“Alhamdulilah, tahun yang akan datang,anak-anak disini terikrut untuk Diklat IV di Kecamatan,dan itu diambil mulai dari 1 hingga 20,untuk persiapan lomba tingkat Kabupaten Malang”,papar Sudarman Sabtu(24/4/2018) kemaren. Dikatakan,peringkat dalam ujian selalu meningkat,hal itu berkat upaya seluruh dewan guru .Mereka cukup memahami tentang pentingnya pendidikan.

Kendati terletak dikawasan pedesaan tetapi kekompakan masyarakat setempat sangat luar biasa.Mereka tidak jarang memberikan masukan terkait dengan kekurangannya,juga mempertahankan ptestasi dan bersama-sama meningkatkannya. Saat ini,SDN 4 Gedangan tengah agendakan bangun gedung Perpustakaan.Dan itu dianggap sangat penting untuk peningkatan kualitas pendidikan anak.

Advertisement

“Untuk Perpus yang ada sekarang sifatnya masih insidendal dan itu masih kurang memenuhi persyaratan.Kami terus berupaya bangun Perpus,selain sebagai sarana penunjang peningkatan prestasi juga meningkatkan literasi untuk melatih anak-anak gemar baca”,ujar Sudarman mengakhiri(sur/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas