Lumajang

Paslon 1 Lumajang: Semua Program Rasional dan Terukur

Diterbitkan

-

Memontum Lumajang –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang menggelar debat Publik calon bupati dan wakil bupati dalam rangka Pilkada 2018. Debat Pilkada 2018 ini disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi, Sabtu (5/5/2018) malam.

Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah SE pada sambutannya menjelang acara debat mengatakan debat Publik kandidat Pilkada Lumajang 2018 merupakan bagian dari tahapan masa kampanye Pilkada Lumajang 2018 yang bertujuan menajamkan visi dan misi para calon kepala daerah.

Debat kandidat Pilkada diikuti ketiga pasangan calon yakni
Nomor urut 1 pasangan H Thoriqul Haq MML – Ir Indah Amperawati MSi, pasangan nomor urut 2 Drs H As’at – H.Thoriq dan pasangan nomor 3 H Rofik SH – Ir Nurul Huda.

Siti Mudawiyah menyampaikan melalui debat Pemilihan bupati-wakil bupati 2018 ini masyarakat lumajang secara luas dapat mengenal dan mengetahui kualitas masing-masing pasangan calon melalui penjabaran visi dan misinya.

Advertisement

Diharapkan Dengan pengetahui kualitas tersebut masyarakat lumajang tidak ragu lagi dalam memilih calon kepala daerah pada pemilihan nanti. “Target KPU adalah meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan 27 juni 2018,” terangnya.

Debat terbuka kandidat bupati-wakil bupati kali ini mengambil tema ”Peningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penyelesaian persoalan daerah”, KPU Lumajang juga melibatkan akademisi Dosen STIH Lumajang yaitu DR.Anis Ibrahim untuk merumuskan sejumlah pertanyaan dalam debat kandidat.

Pada kesempatan pertama pasangan nomor urut 1 H.Thoriqul Haq MML menyampaikan visi-misi selama dua menit, Cak Thoriq mengatakan.

“Masyarakat Lumajang yang kami cintai, Saya cak Thoriq dan bunda Indah telah merencanakan berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lumajang” ungkapnya.

Advertisement

Program Cak Thoriq dan Bunda Indah adalah SPP gratis untuk siswa SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK, seragam sekolah gratis untuk negeri dan swasta, seribu beasiswa bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi negeri untuk warga tidak mampu, Honor guru sukwan dan swasta serta guru non NIP akan di setarakan limaratus ribu hingga satu juta menyesuaikan masa pengabdiannya, semua ibu melahirkan gratis, 6000 kartu lumajang mengaji untuk seluruh guru ngaji yang ada di kabupaten Lumajang, pengurusan KTP satu hari selesai di kantor kecamatan dengan sistem online.

Dilanjutkan Bunda Indah yang menyatakan, masyarakat akan diberi pinjaman tanpa bunga tanpa jaminan bagi pedagang-pedagang kecil, pemasangan CCTV di seribu tempat yang rawan Kriminalitas, bantuan uang duka kematian tepat waktu, memberikan bantuan kepada semua rukem di kabupaten Lumajang, memfasilitasi melanjutkan pembangunan jalan tol Probolinggo- Lumajang, membangun jalan Tempursari- Pasirian yang terputus, pengadaan air bersih untuk wilayah Utara, Pembangunan Stadion Semeru standar Nasional. Bunda Indah mengungkapkan bahwa semua yang disampaikan sudah rasional dan terukur.

“APBD 2019 kita prediksi mencapai 2,2 Triliun, belanja langsung 1,2 Triliun dan belanja tidak langsung 1 Triliun,” pungkasnya.

Selanjutnya pembacaan visi-misi yang di sampaikan pasangan nomor urut dua dan tiga dengan durasi waktu yang sama, pada debat kali ini berlangsung selama 90 menit yang dibagi dalam empat sekmentasi.
Sekmen 1 berisi paparan visi-misi, Sekmen 2 berisi tanggapan terhadap visi-misi paslon lawan, sekmen 3 menjawab pertanyaan panelis yang selanjutnya ditanggapi oleh paslon lawan, Sekmen 4 berisi pesan penutup oleh masing-masing Paslon.(adi/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas