Kota Malang

Layani Mudik dan Libur Lebaran, XL Axiata Tingkatkan Akses Digital

Diterbitkan

-

Upaya peningkatan akses digital di sekitar jalan tol. (ist)

Memontum Kota Malang – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjamin kenyamanan masyarakat yang akan mudik dan berlibur, dengan memastikan sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani jaringan data berkualitas 4G LTE.

Di sepanjang pulau Jawa, jaringan 4G LTE telah meng-cover lebih dari 96 persen jalur jalan raya. Sementara itu, untuk jalur kereta api Jakarta – Surabaya, jaringan 4G LTE telah menyelimuti lebih dari 90 persen. Selain pulau Jawa, jaringan 4G LTE XL Axiata juga mengcover 94 persen area di sepanjang jalur mudik utama Sumatera dan 66 persen area jalur mudik di Kalimantan. Diharapkan, masyarakat dan pelanggan bisa mendapatkan layanan akses digital lebih baik lagi selama pulang kampung dan libur panjang Lebaran.

“Lebaran tahun ini, kami berkomitmen menyajikan 3 hal dalam layanan akses digital, yaitu jadi lebih luas, lebih cepat, dan lebih nyaman. Jaringan 3G/4G XL Axiata semakin luas dengan penambahan 8500 BTS baru sebelum Lebaran 2018. Saat ini, semakin banyak masyarakat dan pelanggan yang bisa mendapatkan akses digital, karena jaringan data XL Axiata telah menjangkau 93 persen populasi Indonesia, termasuk kabupaten dan kecamatan di luar Jawa,” jelas Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya.

XL Axiata telah menerapkan sejumlah teknologi terkini untuk meningkatkan kualitas layanan data. Beberapa di antaranya Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan teknologi 4.5G. Termasuk dalam Teknologi 4.5G ini adalah LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4X4 MIMO. Saat ini, layanan 4.5G sudah tersedia di sekitar 100 kota.

Advertisement

Menurut Yessie, untuk mendukung mudik tahun ini, XL Axiata telah menyiapkan jaringan internet cepat di sepanjang jalur jalan tol trans Jawa, dari Jakarta – Surabaya, termasuk di banyak ruas tol baru, mencakup ruas tol yang masih fungsional. Hasilnya, lebih dari 97 persen area sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya itu sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE. Sementara jalur utama non tol yang menyusuri sepanjang pantai utara Jawa, ruas yang ter-cover 4G LTE mencapai lebih dari 95 persen, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90 persen. Pada jalur kereta api, lebih dari 90,5 persen terselimuti 4G LTE.

Bertambahnya jumlah pengguna dan trafik di suatu area, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas radio transmisi dan menempatkan sedikitnya 49 unit mobile BTS. Area yang rawan terjadi lonjakan trafik termasuk di tempat-tempat pemberangkatan transportasi massal, seperti bandar udara, terminal bus, pelabuhan laut, serta tempat penyeberangan antarpulau. Selain itu, di lokasi tujuan wisata dan pusat perbelanjaan. Tambahan perangkat ini diharapkan akan bisa menjaga kualitas layanan kepada pelanggan yang melakukan perjalanan mudik. (rhd/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas