Banyuwangi

Warga 2 Desa di Kecamatan Wongsorejo Tolak Kawasan Industri

Diterbitkan

-

Warga Dua Desa, Desa Alasbulu dan Desa Wongsorejo saat menggelar aksi demo didepan kantor camat Wongsorejo, Senin (9/7/2018) siang.

Memontum Banyuwangi—– Ribuan petani yang tergabung dalam Organisasi Petani Wongsorejo Banyuwangi (OPWB) Desa Alasbuluh dan Desa Wongsorejo gerudug kantor Camat Wongsorejo tolak tambang galian C dan Pembangunan Kawasan Industri di wilayahnya, Senin (9/7/2018) siang. Tuntutan massa yang dibacakan koordinator aksi, Yateno Subandrio meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi agar menghentikan rencana industrialisasi VIEW di Desa Alasbulu dan Desa Wongsorejo karena tidak berpihak pada rakyat.


“Rencana industrialisasi di wilayah ini hanya menguntungkan para kapitalis, tidak berpihak pada kaum bawah, makanya hentikan rencana itu,”ujar Yateno berapi-api yang langsung disambut dengan serentak oleh massa “Setuju, tolak, tolak rencana itu,”jawab massa dengan gegap gempita.
Koordinator aksi mendesak kepada Pemkab Banyuwangi agar menghentikan AMDAL yang saat ini dilakukan oleh dinas terkait. Dan lebih mengutamakan menyelesaikan sengketa perampasan tanah rakyat yang saat ini dikuasai oleh PT Wongsorejo.

“Hentikan proses AMDAL, tolong Pemkab Banyuwangi menyelesaikan penyerobotan tanah rakyat yang dikuasai oleh PT. Wongsorejo. Akibat penyerobotan tanah itu, warga Wongsorejo dan Alasbulu semakin menderita,”ungkapnya.

Disamping itu, ujarnya Pemkab Banyuwangi agar konsisten dengan program-programnya terkait perlindungan lingkungan hidup, dan memberantas galian C ilegal.

“Berangus galian C ilegal. Adanya galian C tidak berijin ini membuat lingkungan tidak sehat, untuk masalah ini, pemerintah harus jujur dan jangan melindungi orang-orang yang merusak lingkungan,” pintanya. Sayangnya aksi yang dilakukan oleh ribuan massa di kantor camat Wongsorejo itu, tidak bisa di temui oleh camat setempat. Menurut beberapa staf, Camat Wongsorejo, Sulistyowati saat ini sedang tidak ada di tempat.

Advertisement

“Bu Camat sedang di Banyuwangi,”jawab salah satu staf kecamatan Wongsorejo.
Merasa aksinya tidak berhasil, dan tidak ada jawaban dari Camat Wongsorejo, koordinator massa, akan kembali melakukan aksi besar-besaran.
“Saya akan datang lagi, dan mengerahkan lebih besar lagi, jika tuntutan kami tidak dihiraukan,”tandasnya.
Aksi ribuan massa yang dikawal aparat Polsek setempat, berjalan dengan kondusif. Massa membubarkan diri dengan santai dan melakukan aktifitasnya kembali. (kur/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas