Kabupaten Malang

Jalin Matra Untuk Desa Tumpuk Renteng Turen

Diterbitkan

-

Memontum Malang—–Warga Desa Tumpuk Renteng Kecamatan Turen Kabupaten Malang terima bantuan dari pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Program Jalin Matra. Jalin Matra adalah salah satu program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang dilaunching oleh Gubernur pada tahin 2014 lalu,dengan tujuan untuk mengentaskan kemiskinan.

Desa TumpukRenteng menjadi salah satu desa yang termasuk menerima bantuan tersebut. Sebanyak 24 warga Desa setempat ydalam kriteria janda pra sejahtera menerima bantuan tersebut pada Selasa (7/8/2018) siang tadi. Adapun Program Jalin Matra memiliki 3 kegiatan unggulan yang secara spesifik berbeda dari segi sasaran, yaitu : 1. JALIN MATRA Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan sasaran rumah tangga sangat miskin dengan status kesejahteraan 5% terendah, 2. JALIN MATRA Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) dengan sasaran kepala rumah tangga perempuan dengan status kesejahteraan 10% terendah, 3. JALIN MATRA Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2) dengan sasaran rumah tangga rentan miskin dengan status kesejahteraan 30% terendah.

Kepala Desa Tumpuk Renteng Helmiawan Khodidi menyampaikan, 24 warga Desa Tumpuk Renteng yang mendapatkan bantuan adalah warga yang tercatat sebagai janda yang termasuk dalam kriteria pra sejahtera. “Total warga Tumpuk Renteng yang mendapatkan bantuan tersebut sebanyak 24 orang.

Dimana ke 24 warga tersebut termasuk dalam kategori janda prasejahtera,” ujar Helmiawan. Ditambahkan,bentuk bantuan yang diberikan, merupakan permintaan langsung dari warga yang terdaftar sebagai penerima. “Bantuan yang diberikan telah dirupakan berbagai macam barang sesuai dengan permintaan warga. Jadi seperti yang dilihat ada sembako, peralatan dapur, dan masih banyak yang lain.

Advertisement

Termasuk hewan ternak juga ada,” imbuhnya. Sementara itu, jumlah bantuan yang diterima setiap warga yaitu Rp. 2.500.000,-. “Meskipun bentuk bantuannya beragam, tapi ke 24 penerima bantuan mendapat nilai nominal yang sama, yaitu Rp.2.500.000,- masing-masing,” ujarnya. Kades berharap, bantuan yang diberikan benar-benar bisa berfungsi dalam lingkup rumah tangga.

“Kami pemerintah desa berharap, dari bantuan yang diberikan bisa seutuhnya berfungsi dalam lingkup rumah tangga, terutama bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” ujarnya. Adapun program Jalin Matra akan berlangsung hingga tahun 2018, dan akan diberikan secara bergilir di desa dalam wilayah Provinsi Jawa Timur.(Sur/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas