Kabupaten Malang

PT Madusari Murni Indah Tbk Lepas Saham Perdana di BEI

Diterbitkan

-

Jajaran PT. Madusari Murni Indah Tbk (MMI), atau Molindo Incorporated, usai pelepasan saham perdana MOLI. (ist)

Memontum Malang—Gebrakan brillian dilakukan PT. Madusari Murni Indah Tbk (MMI), atau Molindo Incorporated, secara resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan harga perdana Rp 580,- per lembar saham, Kamis (30/8/2018) tepat pukul 09.00 WIB. Saham PT. MMI Tbk tercatat sebagai emiten ke-34 di BEI pada tahun 2018, sekaligus emiten dari sektor industri dasar dan kimia pertama di tahun 2018, yang melantai di bursa dengan kode emiten MOLI.

Jajaran PT. Madusari Murni Indah Tbk (MMI), atau Molindo Incorporated, usai pelepasan saham perdana MOLI. (ist)

Jajaran PT. Madusari Murni Indah Tbk (MMI), atau Molindo Incorporated, usai pelepasan saham perdana MOLI. (ist)

Kontingen UB dalam PIMNAS 31.

Kontingen UB dalam PIMNAS 31.

Direktur Utama PT. Madusari Murni Indah Tbk, Arief Goenadibrata mengungkapkan, PT. Madusari Murni Indah Tbk asal Malang ini melepas sebanyak 351.000.000 saham atau 15,03 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Sebelumnya, pada masa penawaran umum 27 Agustus 2018, terjadi oversubscribe sebanyak 221,53 kali dari porsi penjatahan terpusat (Pooling) saham yang ditawarkan kepada masyarakat.

“Dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan disalurkan Perseroan sekitar 94,45 persen kepada Entitas Anak untuk meningkatkan kapasitas produksi Entitas Anak dalam membangun pabrik, serta membeli beberapa mesin baru. Sedangkan sisanya, akan disalurkan Perseroan kepada Entitas Anak untuk pembangunan fasilitas distribusi berupa gudang di daerah Jawa Timur,” ungkap Arief Goenadibrata.

Arief berharap, momentum IPO akan menjadi langkah awal bagi Perseroan dalam meningkatkan kinerja yang lebih baik. “Dengan dicatatkannya saham PT Madusari Murni Indah di BEI, maka manajemen Perseroan akan terus berupaya meningkatkan Tata Kelola Perusahaan (GCG) dengan
baik,” optimisme Arief.

PT. Madusari Murni Indah (MMI) atau Molindo Incorporated, merupakan perusahaan holding yang menaungi PT. Molindo Raya Industrial (MRI) sebagai pabrik Ethanol, PT. Molindo Inti Gas sebagai pabrik CO2, dan PT. Sumber Kita Indah sebagai perusahaan trading dan distribusi. PT. MMI didirikan di Malang pada tahun 1965. Dalam perkembangan bisnisnya, Madusari kemudian mengakuisisi Molindo sebagai produsen ethanol pesaing saat itu. Group perusahaan ini kemudian berkembang dan melahirkan PT. Molindo Raya Industrial sebagai produsen ethanol berkapasitas produksi 80.000 KL per tahun dan PT. Molindo Inti Gas sebagai produsen gas CO2 dengan kapasitas produksi 15.360 ton per tahun.

Advertisement

Untuk memasarkan dan mendistribusikan produk-produknya, PT Madusari Murni Indah mendirikan PT Sumber Kita Indah sebagai perusahaan trading dan distribusi yang mendistribusikan produk Molindo Ethanol dan Molindo CO2, yang meraih pengakuan di pasar ekspor Asia Pasifik hingga ke Australia, Eropa dan seluruh penjuru lainnya. Grup korporasi Molindo saat ini mempunyai market share ethanol sekitar 55 persen dari pasar ethanol nasional. (rhd/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas