Jember

Menguatnya Dollar Tak Begitu Berpengaruh bagi Pengusaha Edamame

Diterbitkan

-

Menguatnya Dollar Tak Begitu Berpengaruh bagi Pengusaha Edamame

Memontum Jember – Menguatnya dollar terhadap rupiah Hingga mencapai kisaran 15 ribu, tidak selalu berdampak negatif, justru ini momentum untuk meningkatkan kapasitas ekspor, ungkap Giantoro Guntaryo Tri Indaryanto direktur utama PT. Mitra tani Dua puluh tujuh Kamis ( 6/9/2018).

Dirut perusahaan kedelai Edamame ini mengatakan bahwa Meningkatnya dollar ini berdampak positif baginya sebagai eksportir kedelai edamame.

“Tidak terlalu berpengaruh karena seluruh penjualan mitra tani tersebut dalam bentuk dollar, dengan melemahnya rupiah otomatis akan mendapatkan rupiah yang lebih banyak, tahun ini kita mengekspor 8000 Ton, kemudian untuk lokal sekitar 2500 ton.” ujarnya.

Kemungkinan terburuk kata Gunarto kalau dolar terus meningkat maka ada gangguan di program Investasi dan pengembangan untuk meningkatkan kapasitas. ” kalau kapasitas ini tidak kita tingkatkan maka volume ekspor tidak bisa meningkat itu kemungkinan yang paling buruk,” katanya.

Advertisement

Kendati demikian Guntarto menambahkan bahwa barang investasi perusahaan ini mendatangkan dari luar negeri, sehingga pihaknya menyiasati dengan efisiensi, dengan mengatur antara pengeluaran dan pemasukan.

“Strategi perusahaan untuk mengantisipasi kondisi ini dengan meningkatkan efisiensi dan mengatur pengeluaran sehingga berimbang antara pemasukan dan pengeluaran,” jelasnya. Gunarto menargetkan tahun 2018 Perusahaan meproduksi, sebesar 8000 ton untuk ekspor dan 2500 ton untuk dalam negeri. (yud/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas