Kota Malang

UMM Kembali Diamanahi Maba Asing Program Darmasiswa dan KNB

Diterbitkan

-

Para mahasiswa baru asing dalam Opening Ceremony Mahasiswa BIPA UMM. (ist)

Memomtum Kota Malang – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyambut 16 mahasiswa baru (maba) asing program beasiswa Darmasiswa RI dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan 6 maba asing program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dari Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dalam Opening Ceremony Mahasiswa BIPA UMM 2018/2019, di Ruang Sidang Senat UMM, Jumat (7/9/2018). Nantinya, mereka akan menjalani studi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama 1 tahun.

UMM kembali dipercaya oleh Kemendikbud di tahun ke-13 dalam pelaksanaan program Darmasiswa dan Kemenristekdikti di tahun ke-3 dalam pelaksanaan program KNB. Atas kepercayaan tersebut, UMM selalu menerima lebih dari 15 mahasiswa asing dalam beberapa gelombang setiap tahunnya.

“Sejak tahun 2006, UMM dipercaya Kemdikbud melaksanakan program Darmasiswa. Karena selalu berjalan baik dan sukses, UMM juga mendapatkan amanah Kemenristekdikti melaksanakan program KNB sejak tahun 2015,” jelas Kepala unit Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) UMM Dr. Arif Budi Wurianto, MSi, kepada Memo X, usai opening ceremony.

Keenam belas maba asing program Darmasiswa berasal dari 8 negara, yakni Ukraina, Mesir, Afghanistan, India, Korea Selatan, Vietnam, Thailand, dan Papua Nugini. Sedangkan enam maba asing program KNB berasal dari 3 negara, yaitu Yaman, Afghanistan, dan Thailand.

Advertisement

Arif menambahkan, kedua program ini merupakan program diplomasi budaya dua negara, untuk membantu pemerintah Indonesia dalam mempromosikan Indonesia kepada dunia internasional. Para mahasiswa asing tersebut kuliah di UMM untuk mempelajari bahasa, budaya, serta destinasi pariwisata di Indonesia. Diharapkan nantinya setelah lulus, akan menjadi duta budaya Indonesia di negara masing-masing.

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas