Trenggalek

Berikan Akses Permodalan, Pemkab Trenggalek Luncurkan KUR

Diterbitkan

-

Plh Sekda Trenggalek menyerahkan kredit KURSI kepada perwakilan petani

Memontum Trenggalek—Penjabat Sekda Trenggalek, Pariyo meluncurkan Kredit Usaha Rakyat bagi para petani di halaman Rumah Coklat Kecamatan Karangan, Sabtu (15/9/2018). Peluncuran kredit usaha rakyat yang juga dihadiri oleh Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Inf Dodik Novianto dan segenap tamu undangan lainnya, dalam rangka untuk memberikan akses permodalan bagi para petani agar dapat mengembangkan usaha pertaniannya.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek Joko Surono, pembangunan pertanian mempunyai peran yang strategis dalam perekonomian nasional. “Pembangunan pertanian kedepan dihadapkan persoalan mendasar keterbatasan akses petani terhadap sumber pembiayaan pertanian, sehingga diperlukan terobosan dalam hal ini sehingga para petani dapat mengembangkan usaha pertaniannya,” ucapnya, saat dikonfirmasi usai acara digelar.

Dikatakan Joko, hal ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan oleh Pemkab Trenggalek untuk mendorong pengembangan usaha petani dalam mengakses permodalan. Oleh karena itu, Pemkab Trenggalek Lounching program kredit usaha rakyat ini sehingga para petani lebih disejahterakan.

Selaku pelaksana program ini, Bank BNI Kabupaten Trenggalek menawarkan bunga pinjaman permodalan yang cukup rendah kepada petani yakni hanya 7% per tahun. Dalam kesempatan tersebut, Pj Sekda Trenggalek menyerahkan kredit KUR kepada 109 KK petani, dengan jumlah nominal Rp 425 juta rupiah.

Advertisement

“Ini momentum awal bagi para petani di Trenggalek untuk mengembangkan usahanya, ” tutur Pariyo. Masih terang pria yang juga menjabat sebagai Kepala BKD Trenggalek ini, dengan disalurkannya kredit KUR dengan bunga ringan, tentunya dapat menjadi solusi bagi para petani yang terkendala modal dalam mengembangkan usahanya. (mil/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas