Surabaya

Mahasiswa UMS Terima Penghargaan Dirjen HaKI

Diterbitkan

-

Mahasiswa UMS Terima Penghargaan Dirjen HaKI

Memomtum Surabaya – Menghadapi dunia yang semakin berkembang, inovasi menjadi keharusan lantaran menjadi urat nadi dalam mengawal perubahan di era ini. Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) mencoba menjawab kemajuan itu.

“Kampus Sejuta Inovasi” menjadi tagline yang tidak berlebihan. Pasalnya, banyak mahasiswanya yang mampu mengaplikasikan idenya, berinovasi untuk mengatasi permasalahan di masyarakat.

Buktinya, Selasa (30/10), di Dyandra Convention Center Surabaya, Rektor UMS, Dr.dr Sukadiono memberikan sertifikat Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dari Dirjen HaKI. Penghargaan itu diberikan kepada 14 Inovator. Di antaranya adalah paten untuk produk bantal terapi stress dan produk inovasi formula diapers anti-ruam, portable ArtCres, hingga peraih hak cipta buku inovasi Engklek Giometri.

Dalam sambutannya Sukadiono menyatakan, bertepatan dengan Hari Inovasi Nasional ini, dirinya memberikan apresiasi secara langsung agar seluruh mahasiswa tergugah saling berlomba menciptakan sebuah karya.

Advertisement

“sejak awal kami mendesain sedemikian rupa untuk menciptakan budaya inovasi di lingkungan kampus. Terbukti seringnya kompetisi internal yang diadakan. Saya berharap lahir inovator baru dari kampus ini,” ujarnya.

Ada yang cukup menarik dari penghargaan ini, di antaranya pemberian penghargaan kepada 4 mahasiswa yang berhasil menciptakan karya inovasi pro-Diffabel. Driliyan, salah satunya. Ia memproduksi Rancang Rumah Tuna Daksa untuk On/Off Lampu via Smartphone.

“Alat ini berguna ketika seorang tuna daksa sendirian di rumah, tetapi ingin tetap melakukan aktivitas tanpa bergantung pada orang lain,” ucapnya.

Produk-produk tersebut merupakan karya tugas akhir atau skripsi mahasiswa. Dalam kesempatannya acara yang bersamaan dengan wisuda ke-43 ini, ia berharap mahasiswa lain juga dapat memberi sumbangan bagi kemajuan inovasi terhadap penyandang disabilitias. (tny/ano/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas