Surabaya

Kemenkes Dukung RS UNAIR Kembangkan Pengobatan Tradisional

Diterbitkan

-

Kemenkes Dukung RS UNAIR Kembangkan Pengobatan Tradisional

Memontum Surabaya – Dengan mengenakan pakaian adat Suku Jawa, seluruh jajaran petinggi Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga (UNAIR) menyambut kedatangan tim dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Rabu (19/12/2018).

Kunjungan itu adalah dalam rangka visiting pada pelayanan kesehatan tradisional integrasi di Rumah Sakit Universitas Airlangga.

Dalam memberikan pelayanan kesehatan yang menyeluruh untuk masyarakat, RS UNAIR terus melakukan inovasi setiap tahun. Termasuk, mulai dikembangkannya produk pengobatan tradisional. Poli Pengobatan Tradisional (Battra) diresmikan pada 30 Oktober 2015 sebagai salah satu layanan di Rumah Sakit Pendidikan UNAIR.

Sejak dibuka pelayanan, Poli Battra RS UNAIR memberikan layanan antara lain obat-obatan tradisional, jamu, akupunktur, bekam, dan pijat wajah.

Advertisement

Poli Battra bekerjasama dengan Program Studi Pengobatan Tradisional Fakultas Vokasi UNAIR terus melakukan riset, inovasi, dan publikasi.

Dalam risetnya, Prodi Battra bersinergi bersama beberapa fakultas dan bidang ilmu di UNAIR. Di antaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Vokasi, dan Fakultas Sains dan Teknologi.

Bertitik tumpu pada penelitian, pengembangan, serta pendidikan, menjadikan RS UNAIR menjadi faktor penunjang pengembangan Poli Battra sebagai salah satu pioner pengobatan tradisional di Indonesia di masa depan.

Battra juga berkolaborasi dengan startup buatan ikubator bisnis UNAIR bernama Goolive sebagai upaya mengembangakan pelayananan dan pemberdayaan SDM di Poli Battra RS UNAIR.

Advertisement

Dalam kesempatan itu, Direktur RS UNAIR Prof. Dr. Nasronudin, Sp.PD menyebutkan beberapa karya obat milik civitas akademika UNAIR yang berkolaborasi dengan beberapa perusahaan besar seperti PT Asimas, PT Konimek, PT. Kalbefarma, PT.Indofarma, PUSVETMA dan Kimia Farma, serta RSUD dr. Soetomo.

Sebagai upaya branding pengobatan tradisional, RS UNAIR melibatkan seluruh elemen yang ada di bawah naungannya. Termasuk testimoni pasien.

Prof Nasronudin mengatakan, dengan kredibilitas SDM yang dimiliki UNAIR, akan menjadi salah satu faktor pendukung pemasaran produk pengobatan tradisional di tengah masyarakat yang masih terdoktrin obat kimia.

Ia juga berharap tidak ada lagi embel-embel instansi dalam menyebut merk produk, agar diselaraskan menyebut produk milik Indonesia.

Advertisement

Perwakilan Kementerian Kesehatan Kasubdit Yankestrad Integrasi Republik Indonesia dr. Gita Swisari, MKM mengatakan bahwa Kemenkes akan membuat assessment untuk membantu pelaksanaan pengembangan Poli Battra yang ada di RS UNAIR.

RS UNAIR di masa depan diharapkan lebih proaktif menjadi rumah sakit dengan strategi tata kelola internasional, namun tetap mengadopsi tata kelola tradisional. (ano/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas