Trenggalek

157 BKTM Diberi Arahan Kapolres Trenggalek

Diterbitkan

-

Kapolres Trenggalek memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas di Hotel Jaaz

Memontum Trenggalek—Sebanyak 157 Bhabinkamtibmas mendapatkan arahan dari orang nomor 1 di jajaran Kepolisian Resort Trenggalek. Seperti yang diketahui, Bhabinkamtibmas atau yang dikenal dengan sebutan polisi desa merupakan garda terdepan dalam hal menjaga Kamtibmas kondusif di tingkat desa. Bhabinkamtibmas memegang peranan penting mencegah terjadinya pelanggaran, kejahatan hingga konflik sosial. Terlebih menjelang pesta demokrasi yang akan digelar beberapa bulan kedepan.

Untuk memperkuat peran Bhabinkamtibas serta menjaga stabilitas Kamtibmas yang dimulai dari tingkat Desa, Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, memberikan arahan sekaligus bersilaturahmi dengan Bhabinkamtibmas jajarannya.

“Seorang Bhabinkamtibmas harus mampu memetakan kerawanan Kamtibmas berdasarkan aspek Tri gatra yakni geografi, demografi dan sumberdaya alam serta panca gatra yang terdiri dari Ideologi, politik, ekonomi, budaya dan keamanan, ” ucap Kapolres Trenggalek saat dikonfirmasi, Kamis (2012/2018).

Dikatakan Didit, berangkat dari pemetaan tersebut kemudian dilakukan identifikasi antisipasi atau pencegahan dengan melakukan tindakan kepolisian terpadu bersama unsur 3 pilar di tingkat desa.

Advertisement

Lebih lanjut ia menegaskan, pelaksanaan Pilkades yang hampir bersamaan dengan Pileg dan Pilpres memiliki karakteristik kerawanan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu masing-masing Bhabinkamtibmas harus rajin turun ke desa-desa dan sambang tokoh masyarakat.

“Terus bangun sinergitas dengan para tokoh dan elemen masyarakat lainnya. Berikan edukasi dan ajak bersama-sama menjaga Kamtibmas. Utamanya penggunaan media sosial yang dapat berimplikasi luas, ” imbuhnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan dari Kasatintelkam AKP Katimun terkait update perkembangan situasi terkiri dan potensi kerawanan menjelang Pilkades, Pileg dan Pilpres, Kasatreskrim AKP Sumi Andana, tentang pengawasan dana desa dan terakhir pembekalan dari Kasatbinmas AKP Suyono, memaparkan tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Bhabinkamtibmas.

Dalam acara yang diselenggarakan di Hall Hotel Jaas permai tersebut dihadiri oleh Wakapolres Kompol Agung Setyono, S.S., pejabat utama, Kapolsek jajaran, para Kanit Binmas dan 157 Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Trenggalek. (mil/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas