Bondowoso

Stabilkan Harga, Bulog Bondowoso Gelar Operasi Pasar di Enam Titik

Diterbitkan

-

Stabilkan Harga, Bulog Bondowoso Gelar Operasi Pasar di Enam Titik

Memontum Bondowoso – Bupati Salwa Arifin melepas keberangkatan truk pengangkut sejumlah komoditi yang akan dijual dalam Operasi Pasar (OP), di Pendopo Bupati Bondowoso, Kamis (20/12/2018). Pelaksanaan OP yang digelar oleh Badan Urusan Logistik Sub Divre Bondowoso-Situbondo sendiri akan dilakukan di enam titik di Bondowoso. Yakni, desa Sempol, Gayam, Kalianyar, Kalisat, dan Patemon.

Dipilihnya enam desa tersebut sebagai lokasi OP atas dasar koordinasi dengan bagian perekonomian. Di samping itu, lokasi itu merupakan titik-titik yang jauh dari pasar besar.

Dadan Irawan, Wakasub Divre Bulog Bondowoso, usai Pelepasan Pengangkutan Komiditi OP, di Pendopo, mengatakan, dalam OP tersebut, pihaknya menyediakan beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu. Semua komoditi dijual dengan harga di bawah harga pasaran umum.

“Kita lihat respon masyarakat seperti apa. Kalau misalkan nanti laris habis, kita kirim lagi, tanpa ada batasan. Targetnya sampai akhir tahun,” ungkapnya.

Advertisement

Ia menerangkan bahwa diselenggarakannya OP agar tidak terjadi kenaikan harga yang terlalu besar jelang akhir tahun dan peringatan Hari Raya Natal. Di samping itu, ditargetkan bisa tercapai harga yang stabil, yang dapat dijangkau oleh masyarakat.

Sementara itu, Kasubag Perekonomian Pemkab Bondowoso, Taufan Restuanto, mengatakan, operasi pasar ini dilaksanakn juga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan oknum-oknum tak bertangung jawab yang memanfaatkan meningkatnya permintaan komoditi di akhir tahun, yang kemudian dimanfaatkan untuk menaikkan harga. Sehingga, melalui OP pihaknya antisipasi dan hadir untuk masyarakat.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut. Memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat tidak khawatir dan was-was dan tidak usah harus menyimpan barang sembako di rumah,” ungkapnya.

Oleh karena itulah, pihaknya tidak mengukur kesuksesan pelaksanaan OP dari banyaknya komoditi yang terjual. Bahkan, kata Taufan, jika penjualan ini tidak laku, berarti menunjukkan bahwa harga di pasar sedang stabil. (cw1/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas