Lumajang

Rumah Dekat Sungai, Waspada Cuaca Exstrim

Diterbitkan

-

Memontum Lumajang—-Rumah Mulyono, warga RT. 26 RW. 06, Desa Mojosari Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang mengalani kerusakan bahkan bagian dapur hampir terbawa longsor akibat terjangan arus sungai yang sangat deras. Forkopimka Sumbersuko bersama dengan masyarakat melaksanakan karya bakti membuatan tanggul darurat guna menahan derasnya air sungai serta melakukan pembersihan rumah warga yang terdampak longsor, Selasa (29/1/2019) kemarin.

Indriono Krisna Murti, Camat Sumbersuko mengatakan, bahwa tebing sungai yang longsor akibat dari debit air sungai yang melebihi kapasitas, dan mengalir dengan cukup deras, sehingga mengikis tebing sungai” terangnya pada Media, Kamis (31/1/2019). Kondisi sungai kata Krisna, sangat membahayakan, khususnya bagi warga yang rumahnya berada di sepanjang bantaran sungai, seperti yang dialami oleh Mulyono,” ungkapnya.

Pihaknya, menghimbau, warga yang rumahnya berada di bantaran sungai, agar selalu waspada, karena intensitas hujan yang tinggi, bisa membuat debit air sungai melebihi kapasitas dan mengalir dengan deras, sehingga dapat mengikis tebing sungai,” Imbaunya.

Sementara itu, Danramil 0821/19 Sumbersuko Kapten Arh Bambang Suwedi menjelaskan, bahwa cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini mengakibatkan terjadinya bencana di beberapa wilayah, seperti longsor, pohon tumbang, dan banjir.

Advertisement

“Bagi warga yang rumahnya berada di bantaran sungai agar selalu waspada, intensitas hujan yang tinggi membuat debit sungai yang ada melebihi kapasitas, dengan pembuatan tanggul darurat di sepanjang bantaran sungai, diharapkan dapat mencegah dan meminimalisir dampak terjangan aliran sungai yang deras, sehingga kejadian yang menimpa Mulyono tidak terulang” jelas Bambang.

“Peran aktif masyarakat sangat diperlukan, untuk itu segera laporkan kepada pemerintah desa dan instansi terkait apabila terjadi bencana di wilayah, sehingga kerugian materiil maupun jiwa dapat diminimalisir,” Imbuhnya.(adi/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas