Kota Malang

MTsN 1 Kota Malang Buka PPDB 2019/2020

Diterbitkan

-

Pendaftaran dan verifikasi berkas. (rhd)

*Tampung 300-an Siswa Baru Melalui 3 Jalur

Memontum Kota Malang—Seperti tahun-tahun sebelumnya, MTsN 1 Kota Malang menjadi sekolah favorit jujugan siswa-siswi MI/SD berprestasi di wilayah Malang Raya dan sekitarnya. Hal ini tak lepas dari sistem penyaringan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diterapkan oleh MTsN 1 Kota Malang dalam mengembangkan kompetensi diri siswa dan lembaga pendidikan islami yang unggul dalam IMTAQ dan IPTEK.

“PPDB tahun akademik 2019/2020 kami buka dalam 3 jalur, yakni jalur unggulan, jalur terpadu dan jalur reguler. Namun waktu pelaksanaan PPDB kami bagi 2 periode, yakni jalur unggulan dan terpadu mulai 18 Februari hingga 16 Maret 2019, serta jalur reguler mulai 18 Maret hingga 20 April 2019. Dimulai pendaftaran online melalui www.mtsn1malang.sch.id, yakni jalur unggulan dan terpadu mulai 18 Februari hingga 23 Februari 2019, serta jalur reguler mulai 18 Maret hingga 23 Maret 2019. Untuk proporsinya 50 : 50 persen antara unggulan-terpadu dan reguler,” jelas Drs Samsudin MPd, Kepala MTsN 1 Malang, kepada Memontum.com di ruang kerjanya.

Antrian para calon wali murid untuk verifikasi berkas. (rhd)

Antrian para calon wali murid untuk verifikasi berkas. (rhd)

Beberapa persyaratan khusus PPDB MTsN 1 Kota Malang jalur unggulan, dibagi menjadi 4 kategori berdasarkan prestasi yang diraih siswa, diantaranya peringkat kelas paralel; pemenang lomba bidang olahraga dan seni tingkat provinsi, nasional dan internasional termasuk finalis tingkat internasional yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam; pemenang lomba bidang studi tingkat provinsi, nasional, dan internasional yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam; dan hafal Al-Quran minimal 5 juz disertai sertifikat hafalan.

“Tak harus 4 kategori dalam jalur unggulan harus dipenuhi semuanya. Boleh salah satu, kalau pun lebih dari satu kategori diperbolehkan, dan itu lebih baik. Semua memiliki peluang yang sama. Hanya saja, ada proses seleksi melalui tes dan verifikasi data manual yang sebelumnya dicantumkan saat pendaftaran Online. Semua proses mulai pendaftaran, verifikasi berkas, cetak nomor peserta, tes psikologi dan tes akademik dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya,” tambah Samsudin.

Advertisement

Khusus jalur unggulan kategori prestasi kelas paralel, MTsN 1 mengundang atau memberikan peluang kuota siswa peringkat terbaik 1 hingga 3 bagi MI/SD yang memiliki rombel hingga 3 kelas, dan siswa peringkat terbaik 1 hingga 9 bagi MI/SD yang memiliki rombel lebih dari 4 kelas. Jika usulan sekolah melebihi kuota, maka semuanya tidak diseleksi.

Sementara untuk jalur terpadu, khusus diperuntukkan bagi siswa kelas 6 MIN Kota Malang yang memiliki nilai minimal 8 untuk mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris mulai kelas 4 hingga kelas 6 semester 1, dengan catatan nilai yang digunakan bukan hasil nilai remidi.

“Pada pendaftaran online jalur unggulan dan terpadu, dihari pertama cukup tinggi untuk peserta unggulan 128 peminat dan terpadu 157 peminat. Total hingga hari ketiga, Rabu (20/2/2019), saat verifikasi berkas itu sementara unggulan 223 siswa, dan terpadu 190 siswa,” ungkap Waka Kesiswaan MTsN 1 Kota Malang Winarta.

Sedangkan jalur reguler, dilaksanakan usai pengumuman dan daftar ulang jalur unggulan dan terpadu. Bagi siswa yang tidak lolos jalur unggulan dan terpadu, masih diperkenankan mengikuti jalur reguler ini. Persyaratannya hampir sama dengan persyaratan umum jalur unggulan dan terpadu, diantaranya peserta didik kelas VI MI/SD tahun akademik 2018/2019, maksimal berusia 14 tahun per 1 Juli 2019, menyertakan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari MI/SD asal, fotokopi rapor kelas 6 semester 1 terlegalisir 1 lembar, pas foto ukuran 3×4 hitam putih 2 lembar, fotokopi akte kelahiran 1 lembar, cetak NISN online, dan melampirkan surat pernyataan keabsahan data dan dokumen pendaftaran (bermaterai).

Advertisement

Usai berkas-berkas pendaftaran diserahkan dan diverifikasi, peserta akan mendapatkan Kartu Peserta Tes untuk mengikuti Tes Psikologi terjadwal 28 Februari-2 Maret 2019 (unggulan & terpadu) dan 29 Maret-4 April 2019 (reguler). Jika lolos, akan mengikuti Tes Akademik ujian tertulis mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris, dengan jadwal 3 Maret 2019 (unggulan & terpadu) dan 3 April 2019 (reguler). (rhd/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas