Surabaya

Punya 142 Komodo, KBS akan Kembangbiakkan Sendiri

Diterbitkan

-

Punya 142 Komodo, KBS akan Kembangbiakkan Sendiri

Memontum Surabaya – Kebun Binatang Surabaya (KBS) kini mengalami peningkatan populasi Komodo hingga 100 persen, di tahun 2019 ini. Ini tak luput dari suksesnya breeding komodo yang dalam satu musim kawin, tujuh induk komodo menetaskan 74 telur dari 114 telur setelah hasil inkubasi disiplin selama 6 sampai 7 bulan sejak 2018 lalu.

“Tahun ini KBS berhasil meningkatkan populasi komodo, dan pencapaian sebanyak ini baru terjadi di Indonesia. Karena biasanya Komodo menetas rata-rata hanya 15 sampai 20 ekor saja,” kata Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Chairul Anwar saat diwawancarai soal kelahiran komodo, Selasa (5/3).

Chairul menjelaskan proses inkubasi pun melalui tahap yang cukup rumit, karena keeper secara intensif melakukan pengamatan selama 24 jam untuk mengamati Komodo yang akan bertelur. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah rusaknya telur oleh gangguan komodo lain.

“Karena jika ada telur yang rusak, kami harus segera mengambilnya dari inkubator untuk mencegah kerusakan telur yang lain,” ujarnya.

Advertisement

Dari 74 ekor anak komodo yang berasal dari 7 induk komodo nantinya akan dipelihara di kompleks komodo KBS. Dan tetap dikembangbiakkan di lingkungan sendiri.

“Pertukaran jenis komodo tidak mudah kita lakukan, karena dilindungi UU Perlindungan Satwa. Segala bentuk tukar-menukar satwa purba jenis reptil harus melalui izin presiden,” jelas Anwar.

 

Advertisement

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas