Kota Malang

Wilayah Tasikmadu Disiapkan Jadi Kampung Arema

Diterbitkan

-

Wilayah Tasikmadu Disiapkan Jadi Kampung Arema

Memontum Kota Malang – Walikota Malang, H. Sutiaji terus getol menambah wisata kampung tematik di Kota Malang. Salah satunya, wilayah Kelurahan Tasikmadu akan disulap menjadi lokasi dibangunnya Kampung Arema.

“Kampung Arema ini diharapkan akan menjadi kampung tematik yang berbeda dari kampung tematik lainnya. Bukan hanya dari segi bangunan rumahnya, namun juga adat istiadat yang ada di sana semua akan memunculkan khas Malangan-nya,” ungkap Sutiaji, saat audiensi bersama budayawan sejarah Dukut Imam Widodo dan tim, di Ruang Rapat Walikota pada hari Selasa (14/5).

Audiensi Walikota Malang Sutiaji, dan sejarahwan Dukut Imam Widodo. (ist)

Audiensi Walikota Malang Sutiaji, dan sejarahwan Dukut Imam Widodo. (ist)

Pengarang buku Malang Tempo Doeloe, Dukut Imam Widodo, sengaja diundang oleh Walikota Malang untuk memaparkan ide-ide nya dalam membangun Kampung Arema. Diharapkan, Kampung Arema menjadi ikon selamat datang dan mampu menarik wisatawan yang masuk ke Kota Malang. Sekaligus mengenal lebih jauh budaya dan karakteristik Kota Malang.

“Mulai dari ciri khas bangunannya yang terkenal dengan limasan, makanan tradisionalnya, keseniannya sampai dengan bahasa walikan yang sudah membudaya sejak dulu di kalangan kera-kera ngalam. Kesemuanya itu, akan diwujudkan sebagai satu kesatuan utuh di Kampung Arema,” tambahnya.

Penyerahan cinderamata buku Malang Tempo Doeloe. (ist)

Penyerahan cinderamata buku Malang Tempo Doeloe. (ist)

Sementara itu, Dukut Imam Widodo menyatakan kesanggupannya untuk turut serta membangun Kota Malang dalam rangka melestarikan kebudayaan yang ada.

“Hal ini sebagai wujud Corporate Heritage Responsibility yang akan kami persembahkan bagi Kota Malang,” tutur pria yang saat ini menetap di Surabaya.

Advertisement

Turut hadir pada audiensi tersebut, yaitu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Barenlitbang, dan Kabag Humas Kota Malang. (adn/yan)

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas