Kota Malang

Debut Arjuna Raih Emas, Nayaka Pernah Antar Indonesia Kalahkan Tuan Rumah Malaysia

Diterbitkan

-

Debut Arjuna Raih Emas, Nayaka Pernah Antar Indonesia Kalahkan Tuan Rumah Malaysia

Dua pecatur junior ini bisa dibilang potensi bintang masa depan dalam olahraga Catur. Masyarakat Malang Raya dan warga Indonesia patut bangga atas prestasi keduanya.

Menurut Thatit, kejuaraan Asia di Bangkok yang diikuti Nayaka dan Arjuna merupakan pertandingan internasional kedua bagi Nayaka dan pertandingan internasional pertama bagi Arjuna.

Keikutsertaan Nayaka dan Arjuna di kejuaraan Asia di Bangkok 2019 merupakan permintaan langsung dari Pengurus Besar Percasi.

Keduanya diminta memperkuat tim Indonesia setelah meraih medali emas di Kejuaraan Nasional Catur ke-47 di Banda Aceh, 10-17 Oktober 2018.

Advertisement

Di kejuaraan itu, tim dari Provinsi Jawa Timur jadi juara umum dengan perolehan enam medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu.

“Mereka memang berhak mendapat kesempatan berlaga di event internasional berkat prestasi mereka di tingkat nasional, ” ujar Thatit.

Perjalanan keduanya tidaklah singkat. Nayaka pernah memperkuat tim Indonesia dalam Kejuaraan Catur Kelompok Umur Terbuka ASEAN ke-18 (18thAsean Age Group 2017) yang diadakan Kuantan, Pahang, Malaysia, 25 November sampai 4 Desember 2017.

Di ajang laga antar negara Asia Tenggara itu, Nayaka menyumbangkan 2 medali emas dan 1 medali dari 3 kelas berbeda. Dua emas diperoleh Nayaka masing-masing dari kelas catur kilat dan catur cepat, serta 1 medali perak didapat dari kelas catur standar.

Advertisement

Gara-gara medali Nayaka ini turut mengantarkan Indonesia menjadi juara umum dengan total 13 medali emas, lima medali perak, dan empat medali perunggu.

Keikutsertaan Nayaka di kejuaraan catur di Malaysia itu merupakan buah dari prestasinya meraih medali perunggu catur cepat Kelompok Junior E (U-11) dalam Kejuaraan Nasional Catur Junior IV di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, 27 November sampai 2 Desember 2016. Di kejurnas ini pula Arjuna meraih medali perak untuk Kelompok Junior G (U-07).

Luar biasa pecatur Indonesia, istimewa pecatur junior Arek Malang! (oso)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas