Connect with us

Bondowoso

Anggota DPRD Bondowoso Temukan Jamu untuk Penyembuhan PMK

Diterbitkan

||

Anggota DPRD Bondowoso Temukan Jamu untuk Penyembuhan PMK

Memontum Bondowoso – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso menemukan jamu untuk menyembuhkan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi dan kambing. Jamu tersebut, terbuat dari kunir, buah asem dan gula merah.

Jamu yang merupakan racikan jamu tradisional, itu bisa diberikan ke sapi yang terpapar PMK. Caranya, dengan diminumkan sebanyak dua botol selama dua kali sehari.

Setelah diberikan jamu sesuai anjuran, hewan ternak yang terpapar, dimungkinkan akan sembuh keesokan harinya. “Kami mencoba membuat jamu untuk sapi yang terkena PMK. Setelah diminumkan ke sapi yang terpapar, keesokan harinya langsung sembuh,” ujar anggota DPRD Bondowoso, Bambang Suwito, Rabu (15/06/2022) tadi.

Baca juga:

Lebih lanjut Bambang menerangkan, saat hendak diminumkan ke sapi, akan lebih bagus jika jamu tersebut dicampur dengan madu dan telur ayam kampung mentah. “Penggunaan jamu tradisional untuk PMK itu, satu botol untuk satu ekor sapi, dengan dicampur dengan satu butir telur ayam dan madu lebah satu sendok teh,” jelasnya.

Menurutnya, bahan untuk meracik jamu tradisional, tidaklah sulit dan bahannya mudah diperoleh di toko-toko terdekat. “Masyarakat tidak perlu panik lagi jika memiliki sapi terjangkit PMK, tinggal dibuatkan jamu tersebut,” ujarnya.

Sementara salah satu peternak sapi, Edi Supatro, menyampaikan empat ekor sapinya yang terpapar PMK, telah diminumkan jamu racikan tersebut. “Sapi saya empat ekor sakit semua dan sudah tidak bisa berdiri. Namun setelah saya coba ramuan itu, alhamdulillah sembuh. Sapi saya sudah enak makan kembali dan bisa berdiri,” ujarnya. (zen/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.