Kota Batu

Antisipasi Macet Liburan Nataru, Pemkot Batu Petakan Titik Rawan bersama Stakeholder

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Pemkot Batu melalui Dinas Perhubungan menggelar Sinergitas Stakeholder menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bersama Organda, Jasa Raharja, Polres Batu, TNI, PHRI serta OPD terkait di sebuah hotel Kota Batu, Selasa (05/12/2023) tadi. Tujuan dari pertemuan tersebut, untuk memetakan titik rawan macet di wilayah Kota Batu saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) mendatang.

Disampaikan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, bahwa saat ini untuk menghadapi liburan Nataru dimulai dari Jurang Susuh, Desa Giripurno. Lalu, pemetaan secara masif di jalur Karangploso hingga Karanglo.

“Pemetaan masif untuk menghadapi Nataru sudah dilaksanakan DPUPR Kota Batu. Yaitu, perbaikan jalan di Jurang Susuh. Sehingga, diharapkan nantinya masyarakat akan nyaman saat berkendara,” terang Aries, seusai kegiatannya.

Walaupun tanjakan di Jurang Susuh belum ada solusinya, ujarnya, tetapi pelebaran jalan sudah dilakukan oleh DPUPR Kota Batu. “Saya kira, nanti saat liburan Nataru tidak ada permasalahan krodit bila terjadi kemacetan. Karena sudah ada pelebaran jalan,” tambahnya.

Advertisement

Baca juga :

Aries menjelaskan, sinergitas stakeholder ini akan dikolaborasikan bersama. Tujuannya, agar tidak ada ego sektoral yang menyalahkan satu sama lain jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

Dirinya berharap, pemetaan yang dilakukan ini menjadi solusi. “Yang jelas, agar nanti kalau titik simpul terjadi permasalahan, maka Forum Sinergitas Stakeholder akan menghadapi dan akan saling menguatkan,” tegasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Batu, AKP Ponsen Dadang Martianto, mengatakan untuk liburan Nataru nanti disiapkan Pos Pelayanan yang ditempatkan di Alun-alun Kota Batu. Kemudian, enam Pos Pengamanan disebar di titik yang sering terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Advertisement

“Untuk pemetaan titik yang disinyalir sering terjadi kepadatan arus lali lintas hingga macet, sudah disebar Pos Pengamanan. Ini mengingat liburan Nataru adalah libur nasional. Tentunya, banyak wisatawan yang datang ke Kota Batu sehingga terjadi peningkatan volume kendaraan,” jelasnya. (put/gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas