Kota Malang

BEM UMM Sampaikan Sembilan Poin Pernyataan Sikap Pemilu Damai 2024

Diterbitkan

-

Memontum Kota Malang – Seruan Pemilu Damai 2024 terus digelorakan. Kali ini, giliran Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yang menyampaikan pernyataan sikap dan komitmen dukungan agar terwujudnya Pemilu 2024 yang aman dan damai. Bahkan, ada sembilan poin pernyataan sikap yang disampaikan puluhan mahasiswa saat berada di Helipad UMM, Jumat (09/02/2024) siang.

Presiden Mahasiswa BEM UMM, Yogi Syahputra Al Idrus, mengatakan bahwa sembilan poin pernyataan sikap dalam mengawal demokrasi untuk Pemilu damai, jujur, bersih dan sejahtera. Pertama, menghimbau pemerintah dan aparat penegak hukum untuk menjunjung tinggi prinsip keadilan, tidak tebang pilih, tidak menciderai demokrasi, dan bebas dari politik praktis.

“Selanjutnya kedua, mengimbau seluruh institusi pemerintah dan aparat penegak hukum untuk menjunjung tinggi nilai demokrasi. Ketiga, mengimbau kepada kepimpinan nasional harus menjadi teladan dalam menjunjung hukum serta nilai demokrasi. Dan tidak boleh ada campur tangan kekuasaan,” ujarnya.

Baca juga :

Advertisement

Keempat, mendesak seluruh civitas akademika Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia, terkhusus kampus UMM, untuk memegang teguh arahan pimpinan pusat Muhammadiyah dalam menghadapi Pemilu 2024. Kelima, mengimbau para tokoh masyarakat dan seluruh rakyat Indonedia untuk menjaga ketenangan dan ketentraman Pemilu demi kesatuan dan persatuan bangsa.

Keenam, mengimbau kepada pimpinan Parpol dalam hal ini tim sukses ketiga Paslon Capres dan Cawapres untuk menjunjung tinggi nilai demokrasi demi wujudkan Pemilu damai, jujur, dan adil. Ketujuh, mengimbau DPR dan DPRD agar aktif melakukan fungsi pengawasan dan memastikan pemerintah berjalan sesuai konstitusi dan hukum serta tidak mencederai demokrasi.

“Kedelapan, mendesak pejabat yang terlibat dalam tim sukses Paslon agar cuti dan tidak memakai fasilitas negara sesuai yang diatur dalam peraturan perundangan. Lalu yang kesembilan, mendesak seluruh institusi pemerintahan baik pusat maupun daerah untuk menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dan berpendapat tanpa diskriminasi, intimidasi dan represif,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua BEM FISIP UMM, M Gerry Gianola, mengatakan pihaknya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga Pemilu 2024 agar berjalan aman dan damai. “Melihat kondisi saat ini, kami menyikapinya dengan damai dan mengedukasi masyarakat. Kami berharap Pemilu 2024 berjalan aman dan damai,” ujarnya. (gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas