Jember

BI dan Pemkab Jember Luncurkan QRIS di 100 Masjid dalam Pre-Event FEKDI 2024

Diterbitkan

-

QRIS: Bupati Jember dalam rangkaian pelaksanaan pre-event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI). (pemkab for memontum)

Memontum Jember – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember resmi meluncurkan program pemasangan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di 100 masjid, Minggu (09/06/2024) tadi. Peluncuran itu, dilakukan dalam rangkaian pre-event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) Sekarkijang yang diselenggarakan di Sevendream City.

Kepala KPwBI Jember, Gunawan, menegaskan bahwa peluncuran QRIS di 100 masjid ini merupakan langkah awal dalam proses digitalisasi transaksi di tempat-tempat ibadah. “Langkah ini kita ambil sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan teknologi. Dengan QRIS, transaksi donasi atau sumbangan di masjid akan lebih mudah dan efisien,” kata Gunawan.

Ditambahkannya, bahwa program itu akan terus diperluas ke tempat ibadah lain di seluruh Jember. Termasuk, Lumajang, Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo.

“Saat ini kita mulai dari 100 masjid. Tetapi ke depan, kita targetkan seluruh tempat ibadah di Jember bisa menggunakan QRIS. Ini akan membantu mempercepat transaksi dan meningkatkan transparansi,” tambahnya.

Advertisement

Masih menurut Gunawan, melalui peluncuran itu, diharapkan agar seluruh masyarakat Jember, terutama pengguna smartphone, bisa memanfaatkan QRIS dalam setiap transaksi. “Pelan-pelan, tetapi pasti. QRIS ini menjadi alternatif pembayaran yang akan berjalan beriringan dengan pembayaran tunai. Tujuannya adalah untuk memperlancar dan membuat transaksi lebih efisien,” jelas Gunawan.

Baca juga :

Untuk mencapai target tersebut, lanjutnya, akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. “Kami berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat. Tidak hanya melalui acara seperti ini, tetapi juga melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah, organisasi masyarakat dan berbagai komunitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Jember, Hendy Siswanto, yang turut hadir dalam acara itu menyampaikan dukungannya terhadap inisiatif digitalisasi transaksi oleh KPwBI Jember. “Dengan adanya QRIS, maka insyaallah ekonomi kita akan cepat melesat dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” kata Bupati Hendy.

Advertisement

Dirinya juga mengapresiasi, berbagai kegiatan positif yang diselenggarakan KPwBI Jember, termasuk FEKDI 2024. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Jember, kami mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Terima kasih juga kepada seluruh undangan dan penonton yang hadir,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan itu, acara tidak hanya diisi dengan peluncuran QRIS 100 masjid. Namun, juga dimeriahkan oleh penampilan musisi lokal hingga grup band papan atas, yaitu Band Gigi.

Selain itu, KPwBI Jember juga memberikan penghargaan secara simbolis kepada Pilot Project sekolah yang siap menerapkan QRIS se-Sekarkijang. Berikutnya, KPwBI Jember juga meluncurkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Cinta Bangga Paham Rupiah dan memberikan hadiah kepada pemenang lomba digital yang diadakan sebelumnya. (kom/rio/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas