Pasuruan

BNPB Salurkan Bantuan untuk Dampak Banjir Pasuruan

Diterbitkan

-

SIMBOLIS: BNPB saat menyalurkan bantuan untuk Pemkab dan Pemkot Pasuruan. (pemkab for memontum)

Memontum Pasuruan – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan dana siap pakai, logistik dan peralatan untuk penanganan dampak banjir Pasuruan pada Selasa (09/04/2024) lalu. Bantuan tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setiawan dan diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Yudha Triwidya Sasongko, di Kantor BPBD Kabupaten Pasuruan, Jumat (12/04/2024) sore. Sedangkan Pemkot Pasuruan, diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Yanuar Afriansyah.

Disampaikan Mayjen TNI Fajar, BNPB menggelontorkan anggaran total sebesar Rp 300 juta, yang dibagi untuk Pemkot dan Pemkab Pasuruan. Sehingga, Kota Pasuruan menerima bantuan senilai Rp 150 juta dan Kabupaten Pasuruan menerima senilai sama.

“Masing-masing daerah antara kota dan Kabupaten Pasuruan menerima bantuan sebesar Rp 150 juta,” katanya.

Besaran bantuan tersebut, lanjutnya, dialokasikan untuk beberapa hal penting. Diantaranya, operasional penanganan kebencanaan oleh BPBD beserta para relawan (Tagana dll) maupun TNI Polri.

Advertisement

Baca juga :

Selain itu, bantuan yang diberikan BNPB kepada Pemkot dan Pemkab Pasuruan, berwujud 300 paket Sembako, 300 paket makanan siap saji, selimut dan matras (masing-masing 300 lembar serta 100 lembar kasur lipat), perahu karet hingga bantuan lainnya.

Ditambahkannya, seluruh bantuan tersebut diharapkan segera dapat tersalur ke kecamatan terdampak. Termasuk, para petugas yang senantiasa berjibaku dengan banjir maupun dampak yang disebabkan dari banjir.

“Kami hanya ingin memastikan dampak tersebut. Apakah semakin meluas atau sudah selesai,” tambahnya.

Advertisement

Sementara itu, Sekda Yudha Triwidya Sasongko, menegaskan bahwa Pemkab Pasuruan berterima kasih kepada BNPB yang kembali memberikan bantuan penanganan bencana bagi warga. Kali ini, bantuannya dalam bentuk dana siap pakai, logistik dan peralatan kebencanaan.

“Salam dari bapak Pj Bupati Pasuruan yang masih berada di Trenggalek. Atas nama Pemkab Pasuruan, kami sangat berterima kasih atas semuanya,” ungkapnya. (kom/sit)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas