Connect with us

Bondowoso

Buka Junior Scout Skill Competition Pramuka, Wabup Bondowoso Ingatkan Pengabdian Tanpa Batas

Diterbitkan

||

Buka Junior Scout Skill Competition Pramuka, Wabup Bondowoso Ingatkan Pengabdian Tanpa Batas

Memontum Bondowoso – Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, membuka kegiatan Junior Scout Skill Competition (JSSC) Pramuka Kwatir Cabang Bondowoso tahun 2022 di Bumi Perkemahan Bukit Dangkar, Tlogosari, Sabtu (13/08/2022) tadi. Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Bondowoso, H Sugiono Eksantoso beserta rombongan, Muspika, seluruh Kepala Sekolah SMP dan peserta Pramuka SMP se-Bondowoso.

Wabup Irwan menegaskan, jika gerakan Pramuka mempuyai tugas pokok yang harus selalu diingat. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan serta mengingatkan kita agar mengabdi tanpa batas dalam semua bidang,” ungkap Wabup Irwan.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh peserta, supaya menjadikan kegiatan JSSC sebagai ajang pembelajaran serta memanfaatkan ini untuk menjalin persahabatan. Menurutnya, untuk merealisasikan hal tersebut, diperlukan dukungan dari Pembina Pramuka, yang meliputi para ketua dan anggota majelis pembimbing gugus depan.

“Kita pemerintah bersama stakeholder terkait telah berkomitmen untuk mengupayakan para pimpinan satuan pendidikan agar terlibat langsung dalam upaya memahami pentingnya kependidikan Kepramukaan,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Kakorcab tersebut.

Baca juga :

Ditempat yang sama, Kadisdik Bondowoso, H Sugiono Eksantoso, mengatakan bahwa Pramuka adalah kegiatan ekstra wajib yang harus jalan. Baik di Gugus Depan (Gudep), Ranting ataupun kabupaten.

“Setelah pandemi sekian tahun kita mencoba melakukan kegiatan ini bersama-sama, dengan harapan menumbuhkan satuan kesatuan untuk meneladani pahlawan kita,” ujar Kadisdik.

Lebih lanjut pria asal Situbondo itu menjelaskan, bahwa akan terdapat kegiatan lanjutan yang akan dilaksanakan di Bondowoso. “Tanggal 20 hingga 21 setiap Gudep akan ada perkemahan yang harus dilaksanakan oleh semua sekolah di Bondowoso,” jelasnya.

Ketua Panitia JSSC, Dahlan Efendi, dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari tiga malam, yang dimulai Jumat malam dan akan diakhiri di acara puncak pada Minggu malam. Dalam kegiatan ini, juga terdapat enam lomba, yaitu lomba pioneering, baris berbaris, panorama sketsa, menggambar poster dan menaksir yang diikuti oleh 32 regu putra dan 29 regu putri dengan total 549 peserta. (zen/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.