Connect with us

Pendidikan

Dihadapan 1.900 Guru, Bung Karna Minta PGRI Fokus Bantu Peningkatan IPM Situbondo

Diterbitkan

||

Dihadapan 1.900 Guru, Bung Karna Minta PGRI Fokus

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menghadiri Seminar Nasional dan Temu Kader Anggota PGRI di Aula Gedung Cendekia PGRI Situbondo, Sabtu (21/01/2023). Yakni dengan mengusung tema seminar ‘Tantangan Guru Dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0’.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Bung Karna ini meminta peran guru yang tergabung dalam PGRI, agar bisa semakin maksimal. Khususnya, dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Situbondo.

“Data dari BPS, tingkat kemiskinan kita ini tertinggi itu karena belum lulus SMP. Angkanya, sekitar 81 persen,” kata Bupati Karna.

Baca Juga :

Begitu pun, tambahnya, dengan pengangguran di Situbondo. Karenanya, perlu dan adanya kolaborasi bersama dari peran aktif PGRI Situbondo. “Angka pengangguran kita ini didominasi oleh mereka yang tidak lulus SMP. Ini, tentu memberikan pelajaran bagi kita bahwa peran pendidikan sangat penting. Pendidikan adalah investasi jangka panjang,” tegasnya.

Dengan peran aktif PGRI Situbondo, Bung Karna optimis bakal meningkatkan inovasi dan kreativitas pelajar di Kota Santri Pancasila. “Mereka juga diharapkan bisa berkarya. Nah, dengan karya itu mereka mampu memperkerjakan orang lain. Sehingga ke depan, akan banyak wirausahawan-wirausahawan baru hasil didikan dari PGRI Situbondo,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Unifah Rosyidi, mengungkapkan bahwa PGRI Situbondo telah banyak mengalami kemajuan. “Empat tahun yang lalu, saya ke sini. Mereka ini bukan hanya berbicara tentang aspirasi para guru saja, tetapi mereka juga dituntut untuk memberikan kemajuan bagi dunia pendidikan,” bebernya.

Dirinya pun meminta, para guru yang tergabung dalam PGRI, untuk fokus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Situbondo. “Sementara itu, kita para pengurus PGRI yang berjuang untuk menyampaikan aspirasi rekan-rekan semua,” tuturnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Ketua PGRI Jawa Timur, Teguh Sumarno, Sekdakab, Wawan Setiawan, Plt Kadispendikbud, Siti Aisyah, Ketua PGRI Situbondo, Suhartoni, dan Kabag Prokopim Situbondo, Sigit Susetyo Raharjo dan 1.900 guru yang tergabung dalam PGRI Situbondo. (her/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *