Connect with us

Lamongan

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lamongan Wisuda SOTH Angkatan II Pertama Se-Jatim

Diterbitkan

||

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lamongan Wisuda SOTH Angkatan II Pertama Se-Jatim

Memontum Lamongan – Sukses mewisuda 116 wisudawan Lamongan angkatan pertama Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), pada November 2021 lalu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Lamongan, kembali mewisuda 173 orang tua hebat angkatan ke II. Acara wisuda ini, dilaksanakan di Ruang Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, Rabu (21/09/2022) tadi.

Dikatakan Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Maria Ernawati, Wisuda STOH Angkatan ke II Lamongan, ini merupakan wisuda pertama se-Jawa Timur, untuk angkatan kedua. “Terima kasih untuk Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan, yang ternyata dalam kurun waktu yang cepat sekali, bisa melahirkan sarjana-sarjana SOTH di angkatan ini. Ini mungkin satu-satunya. Jadi, wisudawan di angkatan kedua se-Jawa Timur, baru di Lamongan,” kata Maria Ernawati.

Tidak hanya itu, Maria Ernawati juga memberikan PR atau tugas, untuk para wisudawan SOTH Lamongan, yang hari ini dilantik. Yakni, menyebarkan kepada lingkungan sekitarnya. “Saya optimis, kalau melihat calon-calon wisudawan ini. Artinya, bahwa sarjana-sarjana SOTH ini sudah mampu untuk memberikan satu motivasi kepada dirinya sendiri, maupun kepada lingkungannya, agar tidak ada lagi stunting-stunting baru. Caranya, seperti melalui pendampingan baik dari nutrisi hingga pola asuh yang benar. Terutama, untuk lengkapnya lagi adalah dengan imunisasi yang saat ini sedang dilaksanakan adalah BIAN,” papar Maria Ernawati.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, yang hadir bersama Ketua TP PKK Lamongan, mengungkapkan rasa bahagianya atas diwisudanya orang tua hebat di Lamongan. Menurutnya, alumni SOTH ini akan mampu menciptakan generasi-generasi emas Indonesia tahun 2045.

Baca juga :

“Saya yakin dengan kehadiran ibu-ibu alumni orang tua hebat ini, akan mampu menjadikan bangsa yang dipenuhi generasi emas. Mudah-mudahan bermanfaat, mudah-mudahan manfaat yang diperoleh dapat ditularkan di lingkungan masing-masing. Tentunya, bisa menjadi pioner, contoh dan teladan bagi orang tua lainnya yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti SOTH,” ujarnya.

Kepala Dinas PPKB Lamongan, Fida Nuraida, dalam kesempatan itu melaporkan bahwa SOTH Angkatan II Lamongan dilaksanakan di tujuh kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Laren dengan 25 wisudawan, Modo 27 wisudawan, Kedungpring 31 wisudawan, Sukodadi 21 wisudawan, Brondong 18 wisudawan dengan 1 wisudawan tidak dapat mengikuti prosesi wisuda dikarenakan meninggal dunia, Deket 26 wisudawan dan Kalitengah 26 wisudawan.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan peserta wisuda dengan peringkat 1 di Kabupaten Lamongan, Indah ayu Mala Pratiwi, dari Kecamatan Modo, menyampaikan kesan dan kesannya atas dilaksanakannya SOTH di Lamongan.

Dirinya mengaku beruntung, menjadi bagian dari SOTH yang dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan ini. Dirinya berharap, apa yang diperoleh dari SOTH ini dapat pula dirasakan oleh ibu-ibu lain yang belum memperoleh kesempatan mengikuti SOTH.

SOTH sendiri, merupakan sekolah pengasuhan yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jatim, yang merupakan sekolah terobosan untuk dapat meningkatkan kemampuan orang tua dalam mengasuh anak, terutama Balita. Dari data yang dihimpun dari Dinas PPKB Lamongan, di Lamongan sekolah ini terdiri dari 14 materi dengan 14 kali pertemuan yang dilaksanakan setiap 1 minggu sekali. SOTH ini pun gratis dan tidak dipungut biaya. Dengan sasaran utama orang tua yang memiliki anak Balita dan telah mengisi surat kesediaan serta kesanggupan mengikuti pelaksanaan SOTH. (zen/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.