Kabar Desa

Dukung World Ocean Day, Polisi Air bersama Masyarakat Bersih Bersih Pantai

Diterbitkan

-

PERINGATI: Pelaksanaan peringatan Hari Laut Sedunia. (memontum.com/her)

Memontum Situbondo – Satpol Airud Polres Situbondo menggandeng KSOP IV dan masyarakat, menggelar peringatan Hari Laut Sedunia (World Ocean Day), Sabtu (08/06/2024) tadi. 

Pelaksanaan ini digelar, guna bertujuan untuk mengingatkan akan peran laut dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa, laut merupakan sumber utama makanan dan obat-obatan serta merupakan bagian penting dari biosfer.

Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia itu, Satpol Airud Polres Situbondo bersama masyarakat dan KSOP kelas IV Panarukan, Kades Semiring serta perangkat Desa  melaksanakan bersih bersih pantai disekitar Pelabuhan Kalbut. Hal ini dimaksudkan, untuk meminimalisir pencemaran sampah laut yang berasal dari aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Kalbut.

Baca juga :

Advertisement

Kasatpol Airud Polres Situbondo, AKP Gede Sukarmadiyasa, menjelaskan bahwa peringatan ini digelar juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mencegah pencemaran laut dari sampah. Apalagi, tidak sedikit masyarakat yang masih banyak membuang sampah di sungai, yang kemudian akan bermuara ke laut. Sehingga, dapat mengakibatkan pencemaran laut dari sampah rumah tangga.

Keberadaan sampah laut sendiri, ujarnya, sangat mempengaruhi lingkungan biota laut. Air laut menjadi keruh dan banyak sampah yang menyangkut pada karang atau terumbu karang, yang bisa menyebabkan kerusakan pada terumbu karang. Apabila terumbu karang rusak, maka dapat menyebabkan produksi ikan berkurang dan bahkan nelayan akan sulit dalam mencari ikan.

“Mudah mudahan dengan kegiatan ini, masyarakat sadar untuk melindungi laut dari pencemaran akibat sampah,” harap AKP Gede. (her/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas