Connect with us

Jombang

Hadiri Silaturahim Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi, Bupati Jombang Tekankan Penurunan Angka Pengangguran

Diterbitkan

||

Hadiri Silaturahim Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi, Bupati Jombang Tekankan Penurunan Angka Pengangguran

Memontum Jombang – Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, menghadiri giat silaturahim peserta pelatihan berbasis kompetensi Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas, Senin (05/12/2022) tadi. Kegiatan yang digelar di Pendopo Kabupaten Jombang, turut hadir Asiten II Pemkab Jombang, Wignyo Handoko, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jombang, Gatut Wijaya, Ketua Paguyuban BLK Komunitas, Ahmad Faqih hingga pembina beserta anggota dari 11 BLK di Kabupaten Jombang.

Bupati Hj Mundjidah dalam sambutan menyampaikan selamat karena telah mendapatkan bantuan program dari dana APBD untuk pembinaan sesuai dengan kompetensi masing-masing. Sehingga, ilmu yang didapatkan bisa dimanfaatkan.

“Semoga ilmu yang didapat dari pelatihan BLK tersebut, bisa dikembangkan untuk meningkatkan kualitas kerja. Sebagai santri, tentu tidak hanya mengaji tetapi juga bisa bekerja. Sehingga, bisa menjadi generasi-generasi yang terdepan dan bisa menjadi contoh,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Jombang menjelaskan, sesuai dengan program Gubenur Jawa Timur yaitu One Pesantren One Produk, sekaligus untuk mengatasi angka pengangguran serta meningkatkan kapasitas perekonomian, setelah mengikuti uji kompetensi, BLK bersama Dinas Tenaga Kerja akan memberikan sertifikat. Sertifikat kompetensi tersebut, dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan pendukung dalam mencari pekerjaan baik di tingkat kabupaten hingga ke luar negeri.

“Tidak hanya itu, setelah pelatihan di BLK, nantinya akan di gelar pameran hasil BLK,” tuturnya.

Baca juga :

Diharapkan, ujarnya, dengan adanya pelatihan BLK akan mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Karena melalui pelatihan BLK, maka akan lebih meningkatkan semangat generasi muda untuk bekerja.

Ditempat sama, Ketua Paguyuban BLK Komunitas, Ahmad Faqih, menjelaskan bahwa acara hari ini merupakan silaturahim dari keluarga besar BLK Komunitas di Kabupaten Jombang. Terdapat, 11 komunitas yang telah mendapatkan bantuan dari APBD Kabupaten Jombang, untuk melakukan pelatihan berbasis kompetensi.

“BLK Komunitas ini berdiri sejak 2017. Awalnya, ada progran dari Kemenaker dalam setahun diadakan pelatihan sekitar 3 sampai 4 kali. Di luar itu, BLK Komunitas melakukan pelatihan secara mandiri jadi dalam setahun totalnya bisa sampai 5 kali pelatihan,” terangnya.

BLK Komunitas ini, ujarnya, merupakan paguyuban yang didalamnya terdapat peserta sebanyak 54 BLK dengan anggota sebayak 25 orang di setiap BLK. Melalui silaturahmi ini, harapannya BLK Komunitas kedepannya bisa punya kontribusi yang lebih meningkat untuk pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Jombang. Khususnya, tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing dan semakin banyak stake holder bersinergi dengan BLK Komunitas. (azl/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *