Berita Nasional

Kunjungi Kota Batu, Menteri Agraria Serahkan Sertifikat Tanah untuk 30 Warga dan Rumah Ibadah

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, mengunjungi Kota Batu, Kamis (23/11/2023) kemarin. Kunjungan tersebut, dalam rangka redistribusi sertifikat tanah kepada 30 warga Desa Sumberbrantas dan menyerahkan sertifikat rumah ibadah Umat Hindu di Pura Giri Arjuno, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

“Jadi, kami berikan sertifikat di tengah masyarakat secara door to door. Dan, penyerahan langsung 30 sertifikat ini karena ingin mengetahui secara langsung dari para penerima,” terangnya, saat berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Sedangkan, ujarnya, sertifikat yang diberikan kepada rumah ibadah Pura Giri Arjuno, berada di atas lahan seluas 7.887 meter persegi. “Dan, mulai sekarang Pura Giri Arjuno ini sudah bersertifikat,” ujarnya.

Ke depan, pihaknya akan terus berkomunikasi dan koordinasi dengan semua pihak. Karena, masih banyak lokasi-lokasi, khususnya di Jawa yang masih harus diredistribusikan sesuai dengan SK Biru yang sudah dikeluarkan.

Advertisement

Baca juga:

“Ini karena dari program PSN (Perhutanan Sosial Nasional) pemerintah sudah merencanakan melepas 4,1 juta hektar kawasan hutan untuk diberikan kepada masyarakat. Program ini sekarang sudah mencapai 8,7 persen dari target. Kami berkomitmen akan memacunya agar masyarakat bisa mendapat hak atas tanah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tulungrejo, Suliyono, mengatakan bahwa pihaknya sangat berterimakasih atas sertifikat yang diberikan secara langsung oleh Menteri ATR/BPN. “Yang jelas, sebagai masyarakat kami sangat berterimakasih dan bersyukur atas kepemilikan sertifikat rumah ibadah ini. Di sini, masyarakat yang beragama Hindu juga lebih nyaman beribadah di Pura Giri Arjuno ini,” jelasnya, Jumat (24/11/2023) tadi.

Lebih dari itu, dirinya mengungkapkan, Pura Giri Arjuno merupakan salah satu dari rumah ibadah yang sering dikunjungi Umat Hindu Bali, juga warga di luar Kota Batu. Bahwa, Pura tersebut menjadi destinasi wisata religi.

Advertisement

“Yang jelas, Pura Giri Arjuno adalah aset yang sangat berharga. Dengan memiliki sertifikat ini, maka nilainya juga sangat tinggi,” tegasnya. (put/gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas