Connect with us

Berita Nasional

Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia Somasi 39 Apotek di Wilayah Tulungagung

Diterbitkan

||

Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia Somasi 39 Apotek di Wilayah Tulungagung

Memontum Tulungagung – Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia (LPKRI) melakukan somasi kepada 39 apotek di wilayah Kabupaten Tulungagung. Somasi tersebut dilayangkan, atas temuan LPKRI tentang penjualan obat Amoxicillin secara bebas atau tanpa resep dokter.

Ketua Umum LPKRI, M Fais Adam, saat dikonfirmasi Memontum.com, membenarkan somasi tersebut. Disampaikan, ada puluhan apotik yang dilakukan somasi. “Totalnya mencapai 39 apotek dan tersebar di seluruh wilayah Tulungagung. Somasi ini terkait peredaran obat keras jenis Amoxicillin, yang dijual bebas tanpa resep dokter. BPOM juga menyatakan Amoxicillin adalah obat keras, logonya K merah. Jadi, tidak bisa dijual tanpa resep dokter,” terang Fais.

Bahkan, pihaknya sudah melakukan pembelian Amoxicillin untuk membuktikan temuannya. “Pada 22 April 2022, kami melakukan pembelian di 39 apotek tersebut. Ternyata benar, obat tersebut dijual bebas tanpa resep dokter,” ujar Fais, Kamis (12/05/2022) tadi.

Baca juga:

LPKRI kemudian pada 28 April 2022, membuat surat undangan kepada 39 apotek tersebut untuk melakukan pertemuan pada 30 April 2022. “Undangan itu terkait sosialisasi perlindungan konsumen. Pada 29 April 2022, kami juga sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan Tulungagung. Ternyata pada 30 April 2022, hanya empat atau lima pihak apotek yang datang dalam sosialisasi tersebut,” ujar Fais.

Pihaknya juga sudah membuat pengaduan ke Bupati Tulungagung dan Dinas Kesehatan Tulungagung, terkait permasalahan ini. Pengaduan ini dilayangkan pada 10 Mei 2022. Sedangkan somasi kepada 39 apotek tersebut, agar tidak lagi menjual Amoxicillin. “Hanya menekankan, agar penjualan obat keras seperti Amoxicillin dihentikan oleh apotek-apotek itu,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini sudah koordinasi dengan Kasi kefarmasian Dinkes Tulungagung, Masduki. “Pak Masduki menyatakan kepada LPKRI bahwa Amoxcillin, tidak bisa dijual bebas tanpa resep dokter,” ujarnya. (gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.