Connect with us

Berita Nasional

Menko PMK Klarifikasi Soal Ucapan Wasiat Bung Karno ingin Dimakamkan di Blitar

Diterbitkan

||

Menko PMK Klarifikasi Soal Ucapan Wasiat Bung Karno ingin Dimakamkan di Blitar

Memontum Blitar – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, akhirnya mengklarifikasi soal surat wasiat Bung Karno, yang disampaikannya ketika menghadiri Blitar Ethnic National (BEN) Carnival 2022, Sabtu (27/08/2022) kemarin. Menko PMK meluruskan pernyataannya, tentang Bung Karno berwasiat minta dimakamkan di Blitar.

Setelah mengecek berdasarkan biografi Bung Karno, Muhadjir menyatakan bahwa Bung Karno mewasiatkan dimakamkan di daerah Priangan, yakni di Batu Tulis, Bogor. Sedangkan keputusan pemerintah Presiden Soeharto memakamkan Bung Karno di Blitar, terkait karena alasan agar lebih dekat kepada makam ibunya. Karena Bung Karno dinilai, sangat dekat dengan ibunya selama hidup.

“Dengan demikian, pernyataan saya luruskan. Saya mohon maaf,” kata Muhadjir Effendy, dalam rilis Menko PMK, Minggu (28/08/2022) tadi.

Dalam rangkaiannya ke Blitar Sabtu kemarin, diketahui Menko PMK juga melakukan gerakan menanam 10 juta pohon sebagai aksi nyata Revolusi Mental di ‘Kota Bung Karno’. “Saya senang sekali, karena pohon yang ditanam termasuk pohon langka. Ini bagus dalam upaya melestarikan kekayaan flora di negeri kita. Ini juga membantu membangun ketahanan iklim,” ungkapnya.

Baca juga :

Menko PMK saat menanam bibit pohon kemiri, diiringi beberapa pejabat yang turut menanam pohon lain. Kedatangan Muhadjir disambut para guru dan ratusan murid berseragam pramuka yang membawa bendera merah putih kecil. Iringan gamelan yang ditabuh siswa dan guru mewarnai acara ini.

Terkait program lingkungan, Muhadjir menyebut program ketahanan iklim yang dilakukan Pemerintah Kota Blitar sudah cukup baik. Menurutnya Kota Blitar sudah berada dalam langkah yang benar dalam mendukung pemerintah menangani pemanasan global, perubahan iklim, dan anomali iklim yang saat ini menjadi isu global.

“Saya sangat mendukung program kebijakan Pemkot Blitar dalam menyiapkan ketahanan iklim, ini harus dipertahankan,” lanjutnya.

Sebagaimana diberitakan Memontum.com, Menko PMK disinyalir terpeleset ucapan saat menyampaikan wasiat Bung Karno ingin dimakamkan di Blitar. Di mana saat itu, disampaikannya wasiat Bung Karno yang ingin di makamkan di Blitar.

“Di Indonesia ini, tidak ada yang sama dengan Kota Blitar. Dimana kota yang dipilih, yang diwasiatkan oleh almarhum founding father Indonesia, agar dimakamkan di Kota Blitar ini,” kata Menteri Koordinator Bidang PMK Republik Indonesia dalam sambutannya. (hms/pmk/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.