Connect with us

Bondowoso

Pemkab Bondowoso Gelontorkan 5100 Vaksin untuk Tekan Penyebaran PMK

Diterbitkan

||

Pemkab Bondowoso Gelontorkan 5100 Vaksin untuk Tekan Penyebaran PMK

Memontum Bondowoso – Pemerintah Kabupaten Bondowoso akhirnya mendapatkan bantuan vaksin ternak untuk mengantisipasi penyebaran PMK. Sedikitnya sebanyak 5.100 dosis vaksin PMK, yang sudah diberikan dan mulai dilakukan vaksinasi untuk sejumlah hewan.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan), H Mohammad Halil, menjelaskan paska penerimaan vaksin, pihaknya langsung menggelar vaksinasi untuk sejumlah ternak sapi. “Mulai hari ini atau Senin, vaksin tersebut mulai disuntikkan. Untuk mempermudah pendistrbusian, dibagi sesuai jumlah Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di lima wilayah,” jelas Kadisnakkan, Senin (27/06/2022) tadi.

Baca juga :

Mantan Camat Prajekan ini menambahkan, ke lima wilayah tersebut adalah Kecamatan Cermee, mendapat quota terbanyak, 1.100. Sedangkan Kecamatan Tapen, Tamanan, Tegalampel dan Pujer, masing-masing mendapat 1.000 dosis.

Dijelaskannya, jumlah sapi di Bondowoso sekitar 237.407 ekor. Kini, petugas Disnakkan mulai melakukan lokalisir antara sapi yang terkena PMK dan yang tidak. Untuk sapi yang terkena PMK, sudah disiapkan anggaran Rp 100 juta untuk pengobatan dengan menggeser anggaran lain.

“Ada anggaran pengobatan ternak secara massal. Alokasinya digeser untuk pengobatan PMK. Sedangkan anggaran berikutnya, masih dalam pembahasan,” kata kepala dinas. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.