Pemerintahan

Pemkab Situbondo Raih Adipura, Bupati Karna Siapkan Kenaikkan Honor dan Uang Lembur untuk Petugas Kebersihan

Diterbitkan

-

Pemkab Situbondo Raih Adipura, Bupati Karna Siapkan Kenaikkan Honor dan Uang Lembur untuk Petugas Kebersihan

Memontum Situbondo – Sebanyak 524 petugas kebersihan dan pemelihara taman di Kabupaten Situbondo, mendapat bantuan paket Sembako serta uang tunai dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo di Pendopo Aryo Situbondo, Senin (06/03/2023) tadi. Pemberian bantuan tersebut, sebagai bentuk apresiasi Pemkab Situbondo atas peran mereka dalam menjaga kebersihan. Sehingga, Kabupaten Situbondo memperoleh Trophy Adipura kategori Kota Kecil dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa pihaknya bakal mengalokasikan anggaran untuk uang lembur ratusan petugas kebersihan dan pemelihara taman. “Kata Pak Kadis DLH, sekarang tidak ada uang lemburnya? Apa benar? Kok bisa gak ada? Karenanya, saya pastikan tahun 2023, mulai di PAK uang lembur untuk 524 petugas kebersihan dan pemelihara taman sudah masuk di dalam APBD. Pak Sekda, Kepala Bappeda saya minta dirumuskan di PAK,” ujar Bupati Karna.

Lebih lanjut Bung Karna-sapaan Bupati Situbondo, juga berencana menaikkan honor petugas kebersihan dan pemelihara taman di tahun 2024. “Karena petugas kebersihan dan pemelihara taman ini tidak masuk dalam rencana PPPK, maka Pemerintah Kabupaten Situbondo terus memperhatikan kesejahteraannya. Maka di tahun 2024, sesuai sesuai pengajuan Pak Kadis, nanti honornya akan saya tambah,” tegas Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini.

Baca juga :

Advertisement

Dirinya juga akan mengirim surat kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), agar petugas kebersihan dan pemelihara taman bisa masuk dalam rekrutmen PPPK. “Pak Kepala BKPSDM, petugas kebersihan itu tidak masuk dalam rekrutmen PPPK, apa benar? Jadi, buatkan saya surat kepada Kemenpan-RB, agar petugas kebersihan itu juga dimasukkan dalam usulan PPPK. Karena mereka itu pegawai juga yang memiliki kontribusi menjaga kebersihan dan keindahan kota di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Oleh karena itu, Bung Karna berharap petugas kebersihan dan pemelihara taman bisa meningkatkan kinerjanya. Sehingga, Kabupaten Situbondo kembali meraih Trophy Adipura di tahun 2023.

“Jangan sampai ketika diusulkan tidak dapat Adipura, usulannya nanti bisa tidak diterima oleh Kemenpan-RB,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala DLH Situbondo, Akhmad Yulianto, menjelaskan fokus penilaian Trophy Adipura tahun 2022 adalah pengolaan TPA. “Alhamdulillah, kita telah memiliki tiga TPA. Yakni di Sliwung untuk wilayah tengah, di wilayah timur ada di Asembagus, wilayah barat ada di Banyuglugur,” ujar Mantan Kepala DPMPTSP Situbondo. (her/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas