Connect with us

Kabar Desa

Pendaftaran Balon Cakades Serentak Situbondo Digelar Agustus

Diterbitkan

||

Pendaftaran Balon Cakades Serentak Situbondo Digelar Agustus

Memontum Situbondo – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Kabupaten Situbondo, bakal digelar pada 6 Oktober mendatang. Total, ada 17 desa di 14 kecamatan yang menyelenggarakan pesta demokrasi 6 tahunan tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Situbondo, Lutfi Joko Prihatin, menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyusun serangkaian tahapan-tahapan untuk Pilkades serentak tersebut. “Tahapan Pilkades serentak 2022, sekarang sudah memasuki pengumuman Data Pemilih Sementara (DPS). Nah, untuk pendaftaran bakal calon kepala desa dimulai pada tanggal 1 hingga 11 Agustus 2022 mendatang,” ucapnya, Senin (18/07/2022) tadi.

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Perhubungan ini mengungkapkan, untuk pembentukan panitia Pilkades serentak, sudah selesai pada Juni lalu. Kemudian untuk 13 sampai 15 Juli, sudah mulai melakukan pendataan DPS. “Lalu, ada tahapan pendaftaran pemilih tambahan,” terangnya.

Baca juga :

Lutfi menyampaikan, setelah dilakukan penetapan calon kepala desa, akan ada kampanye selama tiga hari. Yakni mulai tanggal 21 sampai 23 September 2022. “Setelah ada penetapan calon kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak, maka pelantikan akan dilakukan sekitar akhir bulan November. Antara tanggal 21 hingga 30 November. Semoga tahapan demi tahapan ini bisa berjalan dengan lancar,” tegas Mantan Kadinsos Situbondo.

Diperoleh keterangan, total 17 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak tahun 2022 yaitu, Desa Kalisari, Kecamatan Banyuglugur, Curahsuri, Kembangsari, Kecamatan Jatibanteng, Desa Sumberejo, Kecamatan Besuki, Desa Sumberagro, Kecamatan Sumbermalang, Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan Kendit, Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kendit.

Lalu, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo, Desa Sliwung, Klampokan, Kecamatan Panji, Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Jangkar, Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus dan Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih. (her/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.