Connect with us

Jombang

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Bupati Jombang Ajak Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Diterbitkan

||

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Bupati Jombang Ajak Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Memontum Jombang – Pemerintahan Kabupaten Jombang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 di Pendopo Kabupaten Jombang, Jumat (09/12/2022) tadi. Dalam peringatan ini, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, menyampaikan terimakasihnya kepada Nakes yang telah berjuang bersama TNI, Polri dan semua elemen masyarakat dalam menekan dan mengetasi pandemi Covid-19.

Dengan mengusung tema ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’, yang merupakan tema nasional dalam menghadapi situasi kegiatan di masa pandemi, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan sehat. “Meski dihadapkan pada prioritas penanganan Covid-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya. Yaitu, penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi, menurunkan angka stunting pada Balita. Memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri,” ujarnya.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Jombang, dalam kesempatan itu juga mengajak untuk bersama-sama dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan tranformasi kesehatan. “Tugas kita masih banyak yang harus ditangani terutama bagi kesehatan. Mari bersama-sama bergotong-royong membantu pemerintah menuntaskan tugas-tugas yang menjadi prioritas nasional untuk terus berbenah melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air,” tuturnya.

Kementerian Kesehatan, ujarnya, saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar untuk wujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan. Sekaligus, sebagai bentuk persiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang.

“Saya sangat bangga karena peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini, diselenggarakan secara meriah di Kabupaten Jombang. Alhamdulillah, semua bermanfaat untuk masyarakat, semoga tahun depan lebih meningkat lagi. Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya untuk semua yang telah bahu- membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan di Kabupaten Jombang. Perjuangan kita masih panjang untuk terus mendorong gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Baca juga :

Gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat diantaranya melalui mengonsumsi makanan bergizi seimbang, aktivitas fisik setiap hari, melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap ibu hamil, tumbuh kembang Balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup. Terus mengembangkan diri dan organisasi dalam potensi dan memberikan pelayanan kesehatan.

Ditempat sama, Kepala Dinas Kesehatan, Budi Nugroho, turut menyampaikan, ucapan terima kasih kepada jajaran Forkopimda yang selama ini telah membantu dalam menghadapi pandemi selama 2 tahun hingga saat ini. “Terima kasih luar biasa pada seluruh jajaran kesehatan, sehingga hari ini bersama-sama bisa menggelar Puncak Peringatan Harian Kesehatan ke-58. Alhamdulillah, Jombang menerima 5 penghargaan yaitu kategori tenaga alternatif fisioterapi, dokter teladan, perawat teladan di Republik Indonesia serta Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Puskesmas Bareng,” jelasnya.

Pihaknya juga mengajak semua pihak untuk menekan angka kematian ibu dan bayi di Jombang. “Pada kesempatan hari ini juga kami mohon Bupati untuk bisa menyaksikan penandatanganan kerjasama kami dengan jajaran seluruh rumah sakit swasta dalam rangka menekan angka kematian ibu dan bayi, sekaligus melakuakn penyerahan secara simbolis 5 Mobil Ambulance Puskesmas Keliling,”ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Forkopimda Kabupaten Jombang, Kepala Dinas Kesehatan, Budi Nugroho, Dirut RSUD Jombang, Dirut RSUD Ploso, Camat se-Kabupaten Jombang, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Jombang serta tamu undangan. (azl/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *