SEKITAR KITA

Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLH Situbondo Gelar Gerakan Tukar Botol Plastik dengan Bibit dan Pupuk

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo, membagikan ratusan bibit tanaman buah kepada warga masyarakat di momen Car Free Day di Kota Situbondo, Minggu (09/06/2024) tadi. Tidak hanya bibit, dinas juga menyediakan pupuk kompos untuk pemeliharaan tanaman.

Untuk mendapatkan sejumlah bibit tanaman buah dan 5 kg kompos tersebut, warga bisa menukarnya dengan lima botol plastik bekas atau sampah plastik. Melalui langkah ini, diharapkan mampu meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap masalah sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo, Akhmad Yulianto, mengatakan bahwa kegiatan penukaran botol bekas air mineral dengan bibit tanaman buah dan pupuk kompos seberat 5 kilogram ini, dilaksanakan untuk menggugah masyarakat agar peduli terhadap masalah sampah. Melalui langkah ini, maka masyarakat akan memiliki kepedulian sekaligus turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam.

“Lima botol bekas air mineral bisa di tukar dengan satu paket bibit buah, yang berisi bibit Pohon Jambu, Klengkeng, Alpukat, Nangka, Tabebuya serta pupuk kompos 5 kilogram. Untuk kegiatan di CFD ini, kami menyediakan 1000 bibit tanaman buah,” ujar Yulianto, Minggu (09/06/2024) tadi.

Advertisement

Baca juga :

Gelaran sedikit berbeda ini, sontak mendapat sambutan positif ratusan pengunjung CFD yang dilaksanakan setiap Minggu pagi. Bahkan, dalam jangka waktu sekitar 2 jam, ribuan bibit tanaman buah ludes diserbu warga.

“Melihat antusias masyarakat dalam menukar botol plastik bekas air mineral dengan bibit pohon di area CFD, ke depan kami akan menyediakan bibit tanaman buah yang lebih banyak lagi pada kegiatan CFD,” kata Yulianto.

Dirinya juga menegaskan, selain menyediakan ratusan bibit tanaman buah, dalam momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, pihaknya juga mengenalkan Bank Sampah yang lokasinya dekat dengan TPA Situbondo. Dengan harapan, masyarakat Situbondo dapat menukarkan botol plastik bekas air mineral di Bank Sampah.

Advertisement

“Kami berharap dengan kegiatan tukar botol plastik bekas air mineral dengan bibit tanaman buah ini, mampu membangkitkan animo masyarakat untuk turut berpartisipasi menjaga lingkungan alam terbebas dari sampah plastik,” tambahnya. (her/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas