Connect with us

Kediri

Permudah Pelayanan Adminduk, Dispendukcapil Kediri Luncurkan Program Sahaja Keliling hingga Sahaja Online

Diterbitkan

||

Permudah Pelayanan Adminduk, Dispendukcapil Kediri Luncurkan Program Sahaja Keliling hingga Sahaja Online

Memontum Kediri – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kediri, terus menciptakan terobosan dalam memberikan layanan cepat dan efisien kepada masyarakat, terutama mengenai adminitrasi kependudukan. Adalah program ‘Jemput bola Layanan Satu Hari Jadi (Sahaja) Keliling’ dan ‘Satu Hari Jadi (Sahaja) Online’, yang menjadi andalan baru untuk peningkatan layanan.

Program ini sengaja dihadirkan, untuk menjawab tatanan milenial di era digital dan mengurus dokumen cukup dari rumah dan dokumen bisa diterima langsung dari rumah. Program ini, ditujukan bagi wilayah yang jauh dari Kantor Dispendukcapil, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Dispendukcapil, untuk mengurus dokumen kependudukan.

Diterangkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kediri, Wirawan, bahwa dalam program Sahaja Keliling satu hari jadi ini, petugas melayani beberapa kepengurusan dokumen. Antara lain, seperti pembuatan Kartu Keluarga (KK) baru, hilang, ganti data ataupun rusak.

Kemudian, tambahnya, pembuatan akta kelahiran baru, pembuatan akta kematian, pembuatan kartu identitas anak (KIA) serta kepengurusan surat keterangan pindah antar kabupaten/kota maupun provinsi. Layanan ini, dilakukan pihaknya di seluruh desa yang sudah dijadwalkan oleh Dispendukcapil.

Baca juga:

“Jadi, ini merupakan salah satu terobosan dan inovasi kita, untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan,” tegas Wirawan, Sabtu (03/12/2022) tadi.

Sementara program Sahaja Online, urainya, disediakan bagi kaum milenial yang ingin mengurus dokumen kependudukan. Jadi, dengan program Sahaja Online ini, generasi muda tidak perlu datang ke kantor Dispendukcapil Kabupaten Kediri. Tetapi, cukup daftar melalui aplikasi yang bisa didownload melalui android atau gawai mereka.

“Kita ada juga program Sahaja Online, yang bisa dimanfaatkan kaum milenial yang ingin mengurus dokumen kependudukan. Mereka bisa mendownload aplikasi melalui gawai, dan daftar menggunakan aplikasi tersebut,” imbuh Wirawan.

Dispendukcapil Kabupaten Kediri sendiri, imbuhnya, juga ada lima terobosan dan inovasi, yang manfaatnya mempermudah masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan. Pertama, Sahaja Lekat dengan tujuan memangkas jarak tempuh memangkas waktu proses pelayanan dan memecah antrian. Kedua, Online Desa dengan tujuan memangkas jarak tempuh memangkas waktu proses pelayanan dan memecah antrian melayani kartu keluarga baru atau perubahan atau kelahiran atau kematian kartu identitas anak.

“Tiga, Penghapusan denda melayani masyarakat tanpa biaya dan menumbuhkan kesadaran lebih tinggi pada warga untuk mengurus dokumen kependudukannya. Empat, Sahaja Keliling dengan melayani masyarakat tanpa biaya dan menumbuhkan kesadaran lebih tinggi pada warga untuk mengurus dokumen kependudukannya. Lalu terakhir atau lima, Sahaja Online menjawab tatanan milenial di era digital dan mengurus dokumen cukup dari rumah dan dokumen bisa diterima langsung dari rumah,” urai Wirawan.(pan/sit/adv)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *