Kota Malang

Program Kemis Mbois Antarkan Kota Malang Terima Penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023

Diterbitkan

-

PENGHARGAAN: Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, saat menerima penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023. (ist)

Memontum Kota Malang – Program Kemis Mbois yang mewajibkan ASN dan non ASN di lingkungan Pemkot Malang menggunakan produk UMKM lokal, mengantarkan Kota Malang berhasil menerima penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 kategori Pemberdayaan UMKM, dari salah satu stasiun TV nasional di Jakarta, Jumat (01/12/2023) malam.

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, yang menerima langsung penghargaan tersebut menyampaikan bahwa penguatan UMKM akan terus diwujudkan. Terlebih, program Kemis Mbois itu juga dielaborasikan dengan kehadiran Gedung Malang Creative Center (MCC).

“Dunia saat ini sedang banyak disrupsi, sehingga kita harus melakukan upaya bagaimana agar ekonomi terus tumbuh. Nah, kekuatan Indonesia dan Kota Malang salah satunya adalah UMKMnya. Maka gagasan Kemis Mbois kami cetuskan sebagai gerakan agar kita semakin tumbuh kecintaan pada produk UMKM lokal,” jelas Pj Wali Kota Wahyu.

Baca juga:

Advertisement

Kemudian, ditambahkannya jika konsep dari Kemis Mbois itu sendiri diterapkan setiap hari Kamis pada ASN dan non ASN, dengan mengenakan produk UMKM Kota Malang, mulai dari sepatu, tas, serta berbagai macam aksesori dan hijab. “Dengan demikian, setidaknya ada sekitar 1.400 UMKM di bidang fesyen dan kriya yang dapat menerima manfaat dari program tersebut. Ini juga kami kuatkan dengan penerbitan Surat Edaran Wali Kota Malang Nomor 18 Tahun 2023 tentang Pedoman Pakaian Hari Kamis di Lingkungan Pemerintah Kota Malang,” tambahnya.

Tentu atas raihan penghargaan tersebut, pihaknya menyampaikan apresiasinya dan berterima kasih. Ke depan, perolehan penghargaan itu menjadi pemicu Kota Malang untuk kian bersemangat mendorong UMKM, meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, hingga kreativitas untuk menciptakan produk yang menarik bagi konsumen.

“Diharapkan ke depan dengan perolehan ini juga makin mampu menarik pasar lokal hingga internasional yang pada akhirnya bisa berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat Kota Malang,” imbuhnya. (pro/rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas