Connect with us

Kota Malang

Puncak HKN Ke-58, Pemkot Malang Konsisten Komitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Diterbitkan

||

Puncak HKN Ke-58, Pemkot Malang Konsisten Komitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Memontum Kota Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berkomitmen tingkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Komitmen tersebut disampaikan Wali Kota Malang, Sutiaji, seusai apel bersama Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 di Lapangan Stadion Gajayana, Jumat (18/11/2022) tadi.

Wali Kota Sutiaji menyampaikan bahwa Kota Malang telah terbukti menjadi salah satu daerah yang memiliki pelayanan kesehatan sangat baik di Jawa Timur. Hal itu, dapat dilihat ketika beberapa prestasi diraih oleh Kota Malang, seperti di bidang kesehatan setahun ini.

“Ada tiga penghargaan yang baru-baru ini kita dapatkan. Seperti Universal Healt Coverage (UH), kedua, capaian Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), dan ketiga yaitu telah terverifikasi sebagai Kota Sehat di Provinsi Jawa Timur. Melalui momentum HKN yang ke-58 ini tentu recovery di bidang kesehatan pasca gejolak pandemi Covid-19 dapat tercapai,” ujarnya.

Hal tersebut, tambahnya, sesuai dengan tema besar HKN tahun ini, yaitu ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’. Wali Kota Sutiaji juga mengatakan, bahwa peningkatan infrastruktur sarana prasarana kesehatan menjadi misi utamanya. Tidak hanya infrastruktur, tetapi tingkat literasi dan kesadaran masyarakat perihal kesehatan juga menjadi komitmen Pemkot Malang.

Baca juga:

“Meskipun semua masyarakat telah tercover oleh BPJS Kesehatan, literasi dan kesadaran kita tentang kesehatan perlu terus ditingkatkan,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif, menambahkan bahwa dalam momen Peringatan HKN ke-58, ini pihaknya menggelar berbagai macam kegiatan. Baik yang bersifat kegiatan sosial, ilmiah maupun pelayanan kesehatan.

“Kegiatan sosial kita ada kunjungan ke panti dan donor darah. Kemudian kegiatan ilmiahnya kita ada untuk tenaga kesehatan dan untuk masyarakat awam dan hari ini puncaknya,” ujar Husnul.

Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Wali Kota Malang, Dinkes Kota Malang juga berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kesehatan dan kesadaran masyarakat. Pihaknya juga terus menggencarkan edukasi perihal mitigasi risiko kesehatan bagi masyarakat.

“Artinya mitigasi pencegahan, promotif, preventifnya itu yang menjadi prioritas. Sehingga dengan edukasi, masyarakat lebih tahu nantinya bagaimana untuk mencegah supaya tidak menjadi sakit. Sedangkan yang sakit, tidak menjadi lebih parah lagi,” tambahnya. (hms/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *