Connect with us

Bondowoso

Rencana Eksploitasi PT Medco Geothermal Indonesia di Bondowoso Mampu Suplai Kebutuhan Listrik Jawa dan Bali

Diterbitkan

||

Rencana Eksploitasi PT Medco Geothermal Indonesia di Bondowoso Mampu Suplai Kebutuhan Listrik Jawa dan Bali

Memontum Bondowoso – Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) yang akan dieksploitasi PT Medco Geothermal Indonesia, rencananya berkekuatan 110 megawatt. Energi sebesar itu, nantinya bisa menyuplai listrik Jawa dan Bali.

Penjelasan itu, disampaikan Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar Ragmat. Ditambahkannya, bahwa keterangan rinci itu, adalah penjelasan dari pihak PT Medco. Dengan bisa menghasilkan 110 megawatt, maka energi itu bisa menyuplai listrik Jawa dan Bali,” kata Wabup, Sabtu (16/04/2022) tadi.

Kalau sudah masuk tahap produksi, lanjutnya, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD), diapstikan akan mendapatkan tambahan pemasukan. Karena, kehadiran Medco di Bumi Kironggo, dipastikan juga akan mengangkat PAD Bondowoso.

Baca juga :

Ditambahkannya, ini juga akan mempercepat proses pembangunan fisik di Bondowoso. Terutama, di kawasan destinasi wisata Ijen, yang merupakan bagian terpenting dalam Ijen Geopark.

General Manager PLTPB Blawan Ijen, Novianto, mengatakan bahwa pelaksanaan eksplorasi sudah dilakukan sejak tahun 2021. Rencananya, pelaksanaan akan rampung pada tahun 2022.

Ditambahkannya, proses eksploitasi membutuhkan waktu 2 tahun. “Jadi, nanti baru bisa memproduksi di tahun 2024. Selama 2 tahun ke depan, akan dioptimalkan untuk proses izin dan pembangunan sarana dan prasarana. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.