Jombang

Rencana Pembangunan Embung Purisemanding Jombang Dijadwalkan April

Diterbitkan

-

Memontum Jombang – Rencana pemerintah pusat membangun Embung Purisemanding di Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, terus berprogres. Setelah sebelumnya memasuki pembebasan lahan, maka tahun ini direncanakan bakal dilakukan pembangunan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Jombang, Bayu Pancoroadi, mengatakan bahwa seusai pembebasan lahan yang dilakukan di tahun lalu, maka tahun ini mulai akan dilanjutkan pengerjaan konstruksi. Hal tersebut, berdasarkan keterangan yang diterima Pemkab Jombang dari pusat.

“Jadi, posisiny sekarang sedang persiapan tender di Kementerian PUPR. Jika lancar, rencananya April sudah mulai dikerjakan,” katanya, Senin (01/04/2024) tadi.

Lebih lanjut disampaikan, dalam perencanaan sebelumnya, sebetulnya Pemkab mengajukan pembangunan tiga embung. Yakni, meliputi Embung Purisemanding, Embung Bareng di Desa, Kecamatan Bareng dan Embung Karangan 2 di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam. Sementara yang sudah terealisasi, hanya di Embung Purisemanding.

Advertisement

Baca juga :

“Jadi yang dibangun tahun ini, tubuh embung beserta jaringan. Rencana awal, embung itu memerlukan lahan seluas 9,8 hektare. Sementara yang sudah dibebaskan 4,8 hektare dan sisanya sekitar 5 hektare,” jelasnya.

Ditambahkannya, dari total itu, rencananya 5 hektare nantinya sebagian diperuntukkan untuk wisata. Itu karena, fungsi pertama untuk alokasi air musim kemarau, khususnya musim tanam kedua dan ketiga. Fungsi kedua, untuk wisata ketika semua sudah terbebaskan.

Perlu diketahui, berdasarkan pantauan di lokasi, petak sawah dan sebagian lahan yang sudah dibebaskan sudah dipasang patok. Beberapa diantaranya juga sudah terpasang patok bertuliskan BBWS Brantas Embung Purisemanding. (azl/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas